MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MTs ADVANCE ORGANIZER LEARNING MODELS WITH EXPERIMENTAL METHOD AT SCIENCE LEARNING IN ISLAMIC JUNIOR HIGH SCHOOL
Abstract
Pada hakikatnya IPA dibangun atas dasar produk ilmiah, proses ilmiah,
dan sikap ilmiah. Menurut Ausubel berguna tidaknya materi lebih tergantung
pada persiapan pembelajaran dan pengolahan materi tersebut dari pada sekedar
menerapkan metode presentasi. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan
adalah model pembelajaran advance organizer yang dikembangkan oleh Ausubel.
Model advance organizer dapat memperkuat stuktur kognitif dan meningkatkan
penyimpanan informasi baru. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam
pembelajaran IPA dengan menggunakan model advance organizer adalah metode
eksperimen. Tujuan penelitian ini yaitu mengkaji pengaruh model pembelajaran
Advance Organizer dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA di
MTs. Tempat penelitian ini di MTsN Jember 1. Jenis penelitian ini adalah True
Eksperimental Design dan uji hipotesis menggunakan Independent-Sample T-test.
Pada equal variances assumed didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.019 ≤ 0.05
maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa
kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol.
dan sikap ilmiah. Menurut Ausubel berguna tidaknya materi lebih tergantung
pada persiapan pembelajaran dan pengolahan materi tersebut dari pada sekedar
menerapkan metode presentasi. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan
adalah model pembelajaran advance organizer yang dikembangkan oleh Ausubel.
Model advance organizer dapat memperkuat stuktur kognitif dan meningkatkan
penyimpanan informasi baru. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam
pembelajaran IPA dengan menggunakan model advance organizer adalah metode
eksperimen. Tujuan penelitian ini yaitu mengkaji pengaruh model pembelajaran
Advance Organizer dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA di
MTs. Tempat penelitian ini di MTsN Jember 1. Jenis penelitian ini adalah True
Eksperimental Design dan uji hipotesis menggunakan Independent-Sample T-test.
Pada equal variances assumed didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.019 ≤ 0.05
maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa
kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol.