GAGASAN: MODEL PEMBELAJARAN RDC DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP IDEA: RDC LEARNING MODEL IN SCIENCE LEARNING AT JUNIOR HIGH SCHOOL
Abstract
Kajian ini bertujuan menggambarkan deskripsi unsur karakteristik
(sintakmatik, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dan dampak
instruksional dan pengiring) Model Pembelajaran RDC (Reading, Doing, And
Communicating) dalam Pembelajaran IPA di SMP. Tulisan ini merupakan hasil
kajian awal Pengembangan model pembelajaran IPA di SMP yaitu Model
Pembelajaran RDC dengan menggunakan kajian literatur. Hasil kajian literatur ini
selanjutnya dianalisis secara deskriptif apakah Model RDC sudah memenuhi
unsur karakteristik sebagai model pembelajaran ditinjau dari unsur : sintakmatik,
sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dan dampak instruksional dan
pengiring. Dari hasil kajian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran RDC
dapat memenuhi unsur karakteristik model pembelajaran yakni: sintakmatik,
sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dan dampak instruksional dan
pengiring. Selanjutnya, model Pembelajaran RDC disarankan untuk diuji,
diperbaiki hingga menemukan Model Pembelajaran yang paling baik, yang pada
akhirnya dapat diimplementasikan dalam pembelajaran IPA di SMP.
(sintakmatik, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dan dampak
instruksional dan pengiring) Model Pembelajaran RDC (Reading, Doing, And
Communicating) dalam Pembelajaran IPA di SMP. Tulisan ini merupakan hasil
kajian awal Pengembangan model pembelajaran IPA di SMP yaitu Model
Pembelajaran RDC dengan menggunakan kajian literatur. Hasil kajian literatur ini
selanjutnya dianalisis secara deskriptif apakah Model RDC sudah memenuhi
unsur karakteristik sebagai model pembelajaran ditinjau dari unsur : sintakmatik,
sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dan dampak instruksional dan
pengiring. Dari hasil kajian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran RDC
dapat memenuhi unsur karakteristik model pembelajaran yakni: sintakmatik,
sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dan dampak instruksional dan
pengiring. Selanjutnya, model Pembelajaran RDC disarankan untuk diuji,
diperbaiki hingga menemukan Model Pembelajaran yang paling baik, yang pada
akhirnya dapat diimplementasikan dalam pembelajaran IPA di SMP.