Pendampingan Digital Marketing Sebagai Media Promosi Bagi UMKM Binaan BTPN Syariah Yosowilangun

Dilla Anggi Puspita, Miftahul Hasanah, Istikomah Istikomah

Abstract


Indonesia memiliki potensi besar dalam sektor UMKM yang penting bagi perekonomian. Digital marketing memungkinkan UMKM menjangkau konsumen lebih luas melalui media sosial. Di Kecamatan Yosowilangun, UMKM tumbuh pesat berkat peningkatan daya beli dan pemasaran online. Namun, adaptasi digital masih menjadi tantangan bagi beberapa pelaku UMKM karena kurangnya pengetahuan tentang promosi digital dan desain logo. Program pendampingan seperti Bestee oleh Bank BTPN membantu pelaku UMKM memahami dan memanfaatkan media sosial untuk pemasaran online, melalui kunjungan langsung dan diskusi materi. Teori pemasaran digital, hubungan pelanggan, dan difusi inovasi mendukung strategi ini. Diharapkan, pendampingan ini dapat membantu UMKM lokal beradaptasi dengan era digital, memaksimalkan promosi melalui media sosial, serta meningkatkan pendapatan dan daya saing produk mereka.


Keywords


UMKM, BTPN Syariah, Pendampingan

References


Ansori, A. (2016). Digitalisasi Ekonomi Syariah. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 7(1), 1–18. https://doi.org/10.32678/ijei.v7i1.33

Bismala, L. (2017). Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Entrepreneur Dan Entrepreneurship, 5(1), 19–26. https://doi.org/10.37715/jee.v5i1.383

BPS. (2024). Jumlah Penduduk Pertengahan Tahun 2022-2024. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTk3NSMy/jumlah-penduduk-pertengahan-tahun--ribu-jiwa-.html

Fortunisa, A. (2022). Pengembangan Ekosistem Kewirausahaan melalui Kemitraan dengan Dunia Usaha dan Industri. Indonesian Journal for Social Responsibility (IJSR), 4(2), 87–101. https://doi.org/10.36782/ijsr.v4i02.129

Sandrina, L., & Widayanti, S. (2024). Pendampingan Digital Marketing Untuk Mengembangkan Umkm Nasabah Bank Btpn Syariah Di Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 65–69. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/karya_jpm/index

Saumantri, T., Hidayatulloh, T., & Meghatruh, D. D. (2023). Konsumerisme Beragama di Era Digital: Analisis Paradigma Postmodernisme Jean Baudrillard Terhadap Fenomena Beragama Umat Islam di Indonesia. Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam, 24(2), 273–288. https://doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.14961

Vicky Y. Takalumang, Vekie A. Rumate, A. L. C. P. L. (2018). Analisis Sektor Ekonomi Unggulan Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kepulauan Sangihe. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 18(01), 1–12.

Wida R, E., & Anam, C. (2015). Pengembangan Usaha Olahan Lele di Kabupaten Boyolali. Abdimas, 19(1), 35–42.




DOI: https://doi.org/10.32528/mujtama.v4i2.23409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Mujtama': Jurnal Pengabdian Masyaraka published by muhammadiyah university of Jember. Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 Jawa Timur Indonesia Kotak Pos 104 Telp. 0331-336728 Fax. 0331-337957. ISSN : 2776-6608 (Print) and 2807-8586: (Online)