Pelatihan Referensi Manager Mendeley dalam Peningkatan Literasi Digital dan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru di MIM 03 Dukuh Wuluhan Jember

Bahar Agus Setiawan, Tri Endang Jatmikowati, Sofyan Rofi

Abstract


, peningkatan kapasitas kompetensi guru menjadi sebuah keniscayaan yang harus dilakukan setiap saat secara berkelanjutan. Hal ini tidak bisa dilepaskan atas peran guru sebagai fasalitator pembelajaran, yang membutuhkan berbagai pengetahuan dan kemampuan atau skill dalam menunjang pelaksanaan tanggung jawabnya. Salah satu pengetahuan dan kemampuan yang perlu ditingkatkan yaitu dalam bidang teknologi informasi khususnya pada pengelolaan referensi manager dengan menggunakan Mendeley. Aplikasi ini disamping bermanfaat untuk memingkatkan literasi digital dalam mencari sumber-sumber artikel ilmiah untuk merencanakan pembelajaran terkait dengan perspektif dalam pemilihan metode, model, bahan dan lainnya dalam pembelajaran, juga dapat mendukung produktivitas guru dalam menghasilkan karya ilmiah. Kegiatan pelatihan ini tentang pemanfaatan referensi manager Mendeley ini dilaksanakan di MIM 03 Dukuh, kecamatan Wuluhan, kabupaten Jember. Hasil kegiatan pelatihan, guru MIM 03 Dukuh Wuluhan Jember, telah memahami aplikasi referensi manager Mendeley dalam memfasilitasi untuk pencarian rujukan yang dapat digunakan sebagai literasi dalam penyusunan perencanaan pembelajaran dan penulisan artikel ilmiah


Keywords


reference manager training, Mendeley, scientific articles, MIM 03 Dukuh.

References


Diani, Winasti Rahma, and Liana Shinta Dewi. 2023. “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Untuk Pengembangan Literasi Digital Kelompok MGMP Bahasa Indonesia SMP Kota Magelang.” Kaibon Abhinaya : Jurnal Pengabdian Masyarakat 5 (2): 161–65. https://doi.org/10.30656/ka.v5i2.5592.

Frianti, E S. 2023. “Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pengembangan Kompetensi Berkelanjutan Pada Guru Di SMP Negeri 8 Banda Aceh.” EL-BASIRAH: JURNAL PENDIDIKAN ….

Hadi, Kasnawi Al, Nurul Qomariyah, Suhayat Minardi, Laili Mardiana, Alfina Taurida Alaidrus, & Siti Alaa’. 2019. “Pengembangan Profesionalissme Guru Dalam Menulis Karya Ilmiah.” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 2 (1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i2.270.

Kusumawati, Hesty, Liana Rochmatul Wachidah, and Dinda Triana Cindi. 2021. “Dampak Literasi Digital Terhadap Peningkatan Keprofesionalan Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENSIKDA-3) Vol 3 (Sistem Bilangan Biner).

Lismawati, Brigitta Rima Kurnianingsi, and Syunu Trihantoyo. 2021. “Peningkatan Literasi Digital Dalam Mewujudkan Profesionalisme Kinerja Guru Pada Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 10 (01).

Marmoah, Sri, Siti Istiyati, Hadiyah, and Hasan Mahfud. 2021. “Tingkat Kompetensi Guru Dalam Penelitian Dan Publikasi Artikel Ilmiah Untuk Pengembangan Profesionalisme.” Jurnal Basicedu 5 (5).

Naufal, Haickal Attallah. 2021. “Literasi Digital.” Perspektif 1 (2): 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32.

Zainuddin, Zainuddin, Kasim Sinen, Fitriani Sardju, and Nurul Fajriyanti. 2023. “Peningkatan Kualitas Karya Ilmiah Dengan Workshop Literasi Digital (Mendeley, Publish or Perish, Dan Grammarly).” Dst 3 (1). https://doi.org/10.47709/dst.v3i1.2637.




DOI: https://doi.org/10.32528/mujtama.v4i2.23237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Mujtama': Jurnal Pengabdian Masyaraka published by muhammadiyah university of Jember. Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 Jawa Timur Indonesia Kotak Pos 104 Telp. 0331-336728 Fax. 0331-337957. ISSN : 2776-6608 (Print) and 2807-8586: (Online)