Pendampingan Pembelajaran Huruf Hijaiyah Menggunakan Media FlashCrad di TPQ Aisyiyah Kauman Wiradesa Pekalongan
Abstract
Kemampuan santri di TPQ Aisyiyah kauman tergolong masih rendah dalam melafalkan huruf hijaiyah dengan benar, walaupun hampir seluruh santri mengetahui dan bisa membaca huruf hijaiyah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pendampingan pada pembelajaran santri di TPQ menggunakan media flashcard. Jenis penelitian ini, studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa memberikan pendampingan dalam mengenbalkan huruf hijaiyah menggunakan media flashcard yang dilakukan ustadz dan ustadzah TPQ Aisyiyah bisa membantu santri dalam melafalkan dan menghafal huruf hijaiyah. Tahap pembelajaran yang disiapkan ustadzah adalah, tahap persiapan, pelaksanaan, tanya jawab, dan pemberian tugas kelompok sebagai tahap evaluasi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aqib, Z., & Murtadlo, A. (2022). A-Z Ensiklopedia Metode Pembelajaran Inovatif: Untuk Guru, Dosen, dan Mahasiswa. Penerbit Andi. https://books.google.co.id/books?id=_lekEAAAQBAJ
Bastian, A., & Suharni, S. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah melalui media gambar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1303–1311.
Ernawati Harahap, dkk. (2022). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id=yZ-LEAAAQBAJ
Hasanah, F. N., Aini, R., Setiawan, T., Irawan, B., & Huda, M. N. (2023). Pelatihan Seni Kaligrafi Islam dalam Peningkatan Kreativitas Siswa di SMP Negeri 2 Wiradesa Kabupaten Pekalongan. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT AKADEMISI, 1(2), 36–44.
Mashuri, M., & Dewi, M. (2017). Penerapan Metode Bernyanyi Dan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyyah Di TPA Darul Falah Gampong Pineung. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(2), 346–364.
Nurhasanah, E. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Flashcard Huruf Hijaiyah terhadap Hasil Belajar Iqro pada Santri The Gold Generation. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 1(2), 60–68.
Nurul Qomariah, D., Abidin, J., Nurjannah, N., Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, P., & Al-Farabi Pangandaran, S. (2023). IMPLEMENTASI MENGENALKAN HURUF AL-QUR’AN DENGAN MEDIA BERMAIN FLASHCARD DI TAAM DARUL HUDA (Vol. 2, Issue 2).
Syahrizal, H., Auliaurrasyiddin Tembilahan, S., & Bengkalis Riau, S. (n.d.). Dampak Metode Pembelajaran Kartu Huruf Hijaiyah Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/dzurriyat
Syam, N., & Syarif, E. (2023). Pendampingan Membaca dan Menulis Al-Quran Menggunakan Media Kartu Huruf Hijaiyah pada TK/TPA Masjid Nurul Insyafi Talakalabbua. ARRUS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 2964–1195. https://doi.org/10.35877/454RI.abdiku1703
Isnaini, T. S. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Dengan Media Flash Card Di Kelompok A Tk Islam Orbit 1 Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Publikasi, 3.
DOI: https://doi.org/10.32528/mujtama.v3i2.18441
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats