Evaluasi Kinerja Pertigaan Jalan Mh. Thamrin – Jalan Moh. Yamin
Abstract
Persimpangan jalan merupakan jalinan yang memiliki posisi penting dan kritis dalam melayani arus lalu lintas, terlebih bila persimpangan tersebut tak bersinyal dan tidak diatur berdasarkan kecukupan ruang untuk keluar masuk kendaraan dari berbagai jenis, mengakibatkan terjadi tundaan yang cukup besar. Persimpangan juga merupakan tempat rawan terhadap kecelakaan karena terjadinya konflik antara kendaraan dengan kendaraan lainnya ataupun kendaraan dengan pejalan kaki. Lokasi penelitian di kota Jember, yaitu persimpangan tiga lengan antara JL. Mh. Thamrin – JL. Moh. Yamin – JL. Mh. Thamrin, yang sangat sering terjadi kemacetan. Evaluasi kinerja simpang tiga lengan tidak bersinyal dilakukan dengan menggunakan Metode PKJI 2014, dimana dapat diketahui derajat kejenuhan, kapasitas, panjang antrian, tundaan dan tingkat pelayanan. Hasil analisa menggunakan Metode PKJI 2014 menunjukkan bahwa pada tahun 2021 simpang terjadi kondisi arus lalulintas yang stabil dan memiliki kebebasan, pada tahun 2041 menunjukkan tingkat pelayanan D arus mendekati tidak stabil dimana hampir seluruh pengemudi akan dibatasi volume pelayanan Sehingga perlu peningkatan pelayanan JL. Moh Yamin. Alternatif solusi tahun 2041 dalam peningkatan kinerja pelayanan jalan dengan cara pelebaran jalan. Lebar Jalan eksisting Moh. Yamin tahun 2021 adalah 5,5 meter, maka direncanakan pada tahun 2041 dilakukkan perlebaran menjadi 7 meter. Sehingga tingkat pelayanan jalan pada tahun 2041 menjadi C.
Kata Kunci : Simpang, Derajat Kejenuhan, Tingkat PelayananFull Text:
PDFReferences
Andriansyah. (2015). Manajemen Transportasi Dalam Kajian Dan Teori. Jakarta Pusat.
C, J. &. (1997). Dasar- dasar Rekayasa Transportasi . Jakarta.
Marga, D. J. (1997). Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota. Jakarta: Dikertorat Jenderal Bina Marga.
Marga, D. J. (2014). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.