Pengaruh Penggunaan Flay Ash Untuk Meningkatkan Daya Dukung Tanah Dasar Jalan Yang Ekpansif
Abstract
Tanah merupakan material penting dalam teknik sipil, terutama sebagai dasar konstruksi yang mendukung kekuatan dasar. Karakteristik tanah bervariasi berdasarkan letak geografis, dengan beberapa tanah memiliki permeabilitas rendah, plastisitas tinggi, dan kekuatan geser rendah. Tanah di Desa Sidorejo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi rata-rata adalah tanah yang berlempung dan seringkali ditemukan kerusakan, keretak sampai berlubang yang cukup besar, walaupun beberapa bulan yang lalu belum lama dilangsungkan perbaikan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Fly ash pada daya dukung tanah dasar jalan yang ekspansif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji liquit limit (LL), nilai yang paling optimum untuk daya dukung tanah terdapat pada komposisi canpuran 40% dengan nilai 49,56. Hasil uji indeks plastisitas (IP) menunjukan bahwa nilai yang paling optimum untuk daya dukung tanah terdapat pada komposisi campuran 20% dengan nilai dan uji 7,63%, Hasil penelitian menunjukan nilai CBR californian bearing ratio paling optimum pada komposisi campuran 40% dengan nilai (11,65% dan 11,15%). Penambahan campuran Fly ash yang mampu meningkatkan daya dukung tanah dasar adalah sampel yang mempunyai indeks plastisitas (IP) tanah, 9,97%, batas cair (LL), 49,56%, dan California Bearing Ratio (CBR), nilai optimum (11,65% dan 11,15%).
Kata kunci: California Bearing Ratio; Daya Dukung Tanah; Fly ash; Liquid Limit; Plasticity Index
Full Text:
PDFReferences
Abadi, T. (2007). Perbandingan hasil stabilisasi dengan fly ash dan semen pada tanah ekspansif Cikampek. Jurnal Teknik Sipil, 7(2), 131–143.
Abadi, T., Pen, L. Le, Zervos, A., & Powrie, W. (2015). Measuring the area and number of ballast particle contacts at sleeper/ballast and ballast/subgrade interfaces. The International Journal of Railway Technology, 4(2), 45–72.
Abadi, T., Pen, L. Le, Zervos, A., & Powrie, W. (2019). Effect of sleeper interventions on railway track performance. Journal of Geotechnical and Geoenvironmental Engineering, 145(4), 04019009.
Alihudien, A., Hamduwibawa, R. B., & Totok Dwi Kuryanto. (2021). Identifikasi Potensi Tanah Ekspansi Pada Lokasi Pembangunan Rumah Sakit Unmuh Jember. Jurnal Rekayasa Infrastruktur Hexagon, 6(2), 68–73.
Alihudien, A., & Priyono, P. (2023). Identifikasi Jenis Tanah Wilayah Dekat Pantai Puger Menggunakan Bagan Klasifikasi Tanah Robertson 1990.: Identifikasi Jenis Tanah Wilayah Dekat Pantai Puger Menggunakan Bagan Klasifikasi Tanah Robertson 1990. Jurnal Rekayasa Infrastruktur Hexagon, 8(2), 133–143.
Alihudien, A., Suhartinah, & Warnana, D. D. (2018b). Analysis of Soil Liquefaction Potential in Puger Coastal Area, JemberRegency, East Java Using CPT Data. AIP Conference Proceedings, 0400041–0400049. https://doi.org/https://doi.org/10.1063/1.5042974.
Alihudien, A., Suhartinah, & Warnana, D. D. (2018). Analisa Potensi Likuifasi Tanah dan Teknik Perencanaan Pondasi. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jember.
Auliah, Armi, 2009, Lempung Aktif Sebagai Adsorben Ion Fosfat Dalam Air, Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia.
Arifin, B., 2019, Penggunaan Abu Batu Bara PLTU Mpanau Sebagai Bahan Stabilisasi Tanah Lempung. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Tadulako, Palu.
Bowles J., 1984, Sifat-sifat Fisis dan Geoteknis Tanah (Mekanika Tanah) Edisi Kedua, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Bowles, E. J. & Henlim, J. K., 1991, Sifat-sifat Fisis dan Geoteknis Tanah (Mekanika Tanah). Penerbit Erlangga, Jakarta.
Chen, F. H., 1975, 1988, Foundation of Expansive Soils, American Elsevier Science Publication, New York.
Craig, B. M., 1991, Mekanika Tanah, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Das, B.M., 1995, The Principle of Geotechnical Engineering (Mekanika Tanah), Penerbit Erlanga, Jakarta.
Fauziek, M., & Suhendra, A. (2018). Efek Dari Dynamic Compaction (DC) Terhadap Peningkatan Kuat Geser Tanah. Jurnal Mitra Teknik Sipil, 1(2), 205–214.
Gustin, Kwani Eka, Machfud Ridwan, 2017, Pengaruh Penambahan Limbah Bata Ringan Pada Tanah Lempung Ekspansif di Daerah Wiyung Surabaya Terhadap Nilai California Bearing Ratio (CBR). Skripsi. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya.
Hapsari, Nurul Aini Dwi dan Mitha Hadi Amelyna, 2019, Pengaruh Penambahan Kapur dan Abu Sekam Padi untuk Stabilisasi Tanah Ekspansif. Skripsi. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Hardiyatmo, G. C., 2002, Mekanika Tanah Jilid 1. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
Hizkia, Gultom, 2019, Kajian Stabilisasi Tanah lempung Akibat Penambahan Semen Prtland 3% dan Fly ash dengan Pengujian CBR Test dan Kuat Tekan Bebas. Skripsi. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara.
Husnah, Novreta Ersy Darfia, Septian Eka Prayino, 2019, Stabilisasi Tanah Lempung dengan campuran Semen dan Fly ash. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Abdurrab.
Kuryanto, T. D., Irawati, & Rizal, N. S. (2018). The Use of Vibra Engine to Enhance Batako Industrial Quality at Urban Area. Kontribusia Research Dissemination for Community Development, 1(1), 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30587/kontribusia.v1i1.250.
Taher, Z. J., Scalia, J., & Bareither, C. (2020). Comparative assessment of expansive soil stabilization by commercially available polymers. Transportation Geotechnics, 24.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.