Desain dan Implementasi Aplikasi Bank Soal Berbasis Web pada Lembaga Kursus Tingkat Sekolah Dasar “Pak Slamet”

Wulan Kusuma Wardani, Habibatul Azizah Al Faruq, Budi Satria Bakti

Abstract


Lembaga kursus tingkat sekolah dasar “Pak Slamet” adalah usaha kursus milik Pak Slamet yang menyediakan jasa bimbingan belajar untuk siswa sekolah dasar kelas 4, 5, dan 6. Dalam aktivitas belajar mengajar setiap hari, lembaga kursus “Pak Slamet” memiliki kendala dalam pembuatan dan penyajian soal secara cepat, yaitu tidak ada website aplikasi bank soal. Untuk mengatasi masalah tersebut, metode Waterfall digunakan sebagai pendekatan dalam menyusun serta membangun perancangan dan implementasi aplikasi bank soal berbasis web. Alasan pemilihan metode Waterfall adalah karena metode ini mempunyai mdel pengembangan yang terstruktur, seperti analisis, desain sistem, pembuatan sistem, uji coba, dan implementasi. Selain itu, pengujian yang digunakan untuk menguji fungsionalitas sistem aplikasi bank soal berbasis web ini adalah Black Box testing. Alasan memilih pengujian tersebut karena pengujian Black Box testing berfokus untuk menguji fungsionalitas sistem agar dapat menemukan masalah atau kendala pada aplikasi bank soal berbasis web ini, seperti fungsi-fungsi pada perangkat lunak yang bermasalah, kesalahan struktur data, kesalahan antarmuka, dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasi sebuah website aplikasi bank soal sebagai sarana untuk membantu dalam pembuatan dan penyajian soal lebih efektif dan efisien.

Kata Kunci: Implementasi; Lembaga Kursus; Waterfall; Website Aplikasi Bank Soal.

Full Text:

PDF

References


Database Entity Relationship Diagram. Link: http://power.lecture.ub.ac.id/files/2015/03/Modul-Basis-Data-I-3-ERD.pdf

Annas, F. (2020). Perancangan Sistem Informasi Bank Soal Online di SMP Negeri 3 Matur. Journal Educative: Journal of Educational Studies, Vol 4 No 2. Institut Agama Islam, Bukti Tinggi, Sumatra Barat.

Aurelia, A. (2022). Apa Itu Implementasi? Pengertian, Tujuan, dan Contoh Penerapannya. Link: https://www.detik.com/jabar/berita/d-6185222/apa-itu-implementasi-pengertian-tujuan-dan

Gischa, Silmi, dan Serafica. (2021). Flowchart: Definisi, Fungsi, Jenis, dan Contohnya. Link: https://www.kompas.com/skola/read/2021/06/24/120000369/flowchart--definisi-fungsi-jenis-dan-contohnya?page=all

Handoyo, D.I. (2022). Aplikasi Bank Soal Ujian Kalbis Institute. Jurnal Mahasiswa Institut dan Bisnis Kalbis, Vol 8 No 3. Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis, Jakarta Timur.

Hendra, A. (2022). Apa Itu PHP ? Pengertian, Sejarah dan Bagaimana Cara Kerjanya. Link: https://if.unpas.ac.id/berita/apa-itu-php-pengertian-sejarah-dan-bagaimana-cara-kerjanya/

Laily, I. N. (2022). Pengertian Website Menurut Para Ahli, Berserta Jenis dan Fungsinya. Link: https://katadata.co.id/safrezi/berita/6200a2a9697ec/pengertian-website-menurut-para-ahli-beserta-jenis-dan-fungsinya

Litalia. (2023). Pengertian MySQL, Fungsi dan Sejarah MySQL lengkap!!. Link: https://www.jurnalponsel.com/pengertian-mysql/

Mediana, D., & Nurhidayat, A. I. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Helpdesk (A-Desk) Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus di PDAM Surya Sembada Kota Surabaya). Jurnal Manajemen Informatika, Vol 8 No 2. Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

Mulachela, H. (2021). Database Adalah: Pengertian dan Jenisnya. Link: https://katadata.co.id/intan/digital/61c04e3f62f5b/database-adalah-pengertian-dan-jenisnya

Pande, N. I. K., Wira., B. P., & Dharmaadi, I. P. A. (2020). Sistem Informasi Silabus, Rpp, dan Bank Soal Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, Vol 1 No 2. Universitas Udayanan, Badung.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Unsur-Unsur Pendidikan. Jurnal Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, Vol 2 No 1. Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar.

Sari, A. M. (2023). XAMPP: Pengertian, Fungsi, Cara Install-Nya. Link: https://fikti.umsu.ac.id/xampp-pengertian-fungsi-cara-install-nya/

Satriawan, N. (2023). Pengertian Metode Waterfall dan Tahap-Tahapnya. Link: https://ranahresearch.com/metode-waterfall/

Sitoresmi, A. R. (2023). Aplikasi adalah Program Perangkat Lunak, Ketahui Fungsi dan Jenisnya. Link: https://www.liputan6.com/hot/read/5287655/ aplikasi-adalah-program-perangkat-lunak-ketahui-fungsi-dan-jenisnya?page=2

Suyata, P., Mardapi, D., Kartowagiran, B., & Retnawati, D. H. ( 2011). Model Pengembangan Bank Soal Berbasis Guru dan Mutu Pendidikan. Jurnal Kependidikan. Vol 41 No 2. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Thabroni, G. (2022). Black Box Testing – Pengertian, Ciri, Jenis, Kategori, dan Langkah. Link: https://serupa.id/black-box-testing-pengertian-ciri-jenis-fungsi-kategori/

Azizah, H. F. A. (2018). Comic Strips in Teaching Simple Past Tense for EFL Learners. ELLITE Journal of English Language, Literature, and Teaching, Vol 3 No 2. Universitas Muhammadiyah Jember, Jember.

Azizah, H. F. A., & Yanuarti, R. (2023). Analisis Tingkat Kesiapan Mahasiswa Terhadap Kesiapan Pembelajaran Online. Sabda Jurnal Sastra dan Bahasa, Vol 2 No 3. Universitas Muhammadiyah Jember, Jember.

Azzizah, H. F. A. (2016). A Case Study of Teaching Methods, Approaches, and Strategies Found in a Critical Review on Applied Linguistics Course Habibatul. ELLITE Journal of English Language, Literature, Vol 1 No 2. Universitas Muhammadiyah Jember, Jember.

Bakti, B. S. & Halim, M. (2016). Penerapan Fungsi Linier Untuk Penentuan Komponen Penilaian Kesehatan Koperasi. JUSTINDO, Jurnal Sistem & Teknologi Informasi Indonesia, Vol. 1 No. 2. Universitas Muhammadiyah Jember, Jember.

Arifin, Z. & Bakti, S. B. (2020). Implementasi Open Source Pada Manajemen File Sharing. Jurnal Aplikasi Sistem Informasi Dan Elektronika, Vol. 2 No. 1. Universitas Muhammadiyah Jember, Jember.

Oktavianto, H., B. B. S., & Cobantoro, A. F. (2023). Perbandingan Kinerja Agglomerative Clustering Pada Data Stunting Untuk Segmentasi Wilayah. Bina Insani ICT Journal, Vol 10 No 2. Universitas Muhammadiyah Jember, Jember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.