Analisa Engagement Rate Untuk Optimalisasi Pemasaran Di Instagram Pada UMKM Online Berbasis Website

Nuzul Zaif Mahdiono Ramadhan, Ulya Anisatur Rosyidah, Mifathur Rahman

Abstract


Fenomena konsep engagement yang terjadi pada tahun terakhir telah cukup menarik perhatian para praktisi dan akademisi dibidang pemasaran digital. Terlepas dari penggunaan istilah “engagement” yang memiliki konteks yang cukup luas seperti komunitas merek, makna teoritis dan fondasi yang mendasari istilah ini kurang dijelajahi dalam literatur hingga saat ini. Konsep engagement telah cukup banyak diterapkan secara umum oleh akademisi, akan tetapi penerapan suatu model pemasaran ini lebih sering diistilahkan sebagai customer engagement. Hasil yang diperoleh nantinya akan dijadikan acuan bagi pemilik akun instagram bisnis @musaechips adapun diantaranya seperti pengaruh tipe konten terhadap skor engagement rate Instagram, pengaruh bila menerapkan strategi media promosi seperti endorsement dengan menggunakan jasa 3 (tiga) Instagram influencer yang memiliki fokus pada review makanan dan identifikasi metrix tingkat engagement pada akun Instagram bisnis untuk menjangkau interaksi yang lebih luas. Membantu menganalisa kinerja customer engagement di media sosial Instagram, khususnya interaksi akun, keterampilan menulis , dan dampak penggunaan influencer endorsement untuk mempromosikan media secara online, sebagai bahan pertimbangan bagi pemilik bisnis media sosial Instagram, dan untuk perencanaan strategi media sosial media promosi.

 

Kata Kunci: Customer Engagement, Engagement Rate, Copywriting, Instagram, Website

Full Text:

PDF

References


Andreas, S. (2021). Belajar Copywriting : Lengkap beserta Contoh & Tekniknya. https://socialmediamarketer.id/copywriting/belajar-copywriting/

Brodie, R. J., Ilic, A., Juric, B., & Hollebeek, L. (2013). Consumer engagement in a virtual brand community: An exploratory analysis. Journal of Business Research, 66(1), 105–114. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2011.07.029

Haruman, B. (2019). Pembangunan Tools Customer Engagement Pada Social Media Instagram Untuk Akun Bisnis. 8–45.

Jayasingh, S. (2019). Consumer brand engagement in social networking sites and its effect on brand loyalty. Cogent Business and Management, 6(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2019.1698793

Kusumasari, P. W. (2018). PERAN ONLINE ENGAGEMENT PADA PENGARUH TIPE POST DAN WAKTU POST DI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI. 133.

Morales, E. (2019). How To Properly Measure Your Instagram Engagement Numbers. Better Marketing. https://bettermarketing.pub/how-to-measure-instagram-engagement-and-why-its-important-d368486a984a

Napitupulu, S. M., & Gofar, N. (2019). Optimalisasi Media Sosial" Instagram" Mendukung Kemajuan Pusat Karir di Universitas Sriwijaya. Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit, 1–13.

Ogilvie, J., Agnihotri, R., Rapp, A., & Trainor, K. (2018). Social media technology use and salesperson performance: A two study examination of the role of salesperson behaviors, characteristics, and training. Industrial Marketing Management, 75(January), 55–65. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2018.03.007

Rahmawati, E., & Aji, S. (2015). Pengaruh Customer Engagement Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Kepercayaan Merek Serta Dampaknya Pada Loyalitas Merek. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 15(2), 246. https://doi.org/10.17970/jrem.15.150204.id

Trunfio, M., & Rossi, S. (2021). Conceptualising and measuring social media engagement: A systematic literature review. Italian Journal of Marketing, 2021(3), 267–292. https://doi.org/10.1007/s43039-021-00035-8

Wilson, A., Carlson, B., & Sciascia, A. (2017). Reterritorialising social media: Indigenous people rise up. Australasian Journal of Information Systems, 21(Kamelamela 2016), 1–4. https://doi.org/10.3127/ajis.v21i0.1591


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.