EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING

Murni Sulistyaningsih, Navel Oktaviandy Mangelep, Derel Filandy Kaunang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan E-Learning pada pembelajaran Matematika materi logika dengan pendekatan Problem Posing. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika Unima, semester II kelas 3233223-1 yang mengambil mata kuliah Himpunan dan logika untuk materi Logika, pada semester genap tahun akademik 2021/2022, yang berjumlah 28 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes hasil belajar dalam bentuk uraian (essay) dan angket untuk menjaring data tentang kemampuan dalam mengelola pembelajaran, aktivitas responden dan respons dalam pembelajaran daring (E-Learning). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan E-learning pada pembelajaran Matematika dengan pendekatan Problem Posing efektif pada pembelajaran Matematika materi Logika Matematika di semester II di kelas 3233223-1, tahun akademik 2021/2022. Hal ini disebabkan karena sudah memenuhi kriteria keefektifan, yang meliputi: a) Kemampuan mengelola pembelajaran dikategorikan sangat baik, dengan nilai rata-rata 3,603. b) Aktivitas pembelajar selama pembelajaran dikategorikan aktif, dengan nilai rata-rata 3,47. c) Respons pembelajar terhadap pembelajaran yang digunakan adalah positif, dengan persentase yang menyatakan setuju sebesar 78,05%. d) Data ketuntasan belajar secara individual dan klasikal tercapai yaitu sebesar 85,71 %.

Kata Kunci: Efektifitas, E-Learning, Pembelajaran Matematika, Problem Posing


References


Soedjadi, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2003.

T. F. Nisa, “Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Math Character,” Jurnal Pedagogia, Vol. %1 dari %2Volume 5, No.2, pp. 113-124, 2016.

Y. D. Akbar Alvian, “Peningkatan Hasil belajar Menggunkan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Media Mistar Bilangan,” e-journalmitrapendidikan, vol. Volume 1, pp. 21-30, 2017.

B. Hasan, “Pemanfaatan Google Classroom Dalam Mata Kuliah Menggunakan Video Screencast O-Matic,” Widya Wacana, 2020.

A. H. Panjaitan, Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Efficacy Siswa yang Memperoleh Model Discovery Learning dengan Pembelajaran Biasa di SMP, Medan, 2021.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineke Cipta, 2003.

A. Rohmawati, “Efektivitas Pembelajan,” Jurnal Pendidikan Usia Dini, 2015.

S. Murni, Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktural NHT pada Pokok Bahasan Pecahan di Kelas VII SMP N 34 Surabaya, Surabya, 2006.

V. D. K. Ompusunggu, Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematik dan Sikap Positif Terhadap Matematika Siswa SMP Nasrani 2 Medan Melalui Pendekatan Problem Posing, Medan , 2013.

W. N. Shanti, “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kristis Melalui Problem Posing,” Literasi , 2017.

J. H. Allan, The Learning Question and Answer Book., USA: Amacom, 2003.

H. Upu, Problem Posing dan Problem Solving Dalam Pembelajaran Matematika, Bandung : Pustaka Ramadhan, 2003.




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v7i2.8547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo