ANALISIS PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA

Hakim Setyobudi, Syamsuri, Maman Fathurrohman

Abstract


Matematika merupakan ilmu yang banyak memberi sumbangan dalam ilmu lain, dengan demikian matematika juga memiliki peranan dalam membekali siswa untuk menghadapi masa depan . Oleh sebab itu siswa perlu dibekali dalam kemampuan pemahaman matematik, agar dapat menghasilkan siswa yang  mampu berpikir kritis, logis, sistematis, dan kreatif. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan pemahaman matematis awal siswa kelas X di SMK N1 Lahewa pada operasi hitung pecahan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain A-B-A, pada desain ini terdapat pengulangan kondisi baseline yang dilakukan, dimana baseline2 diberikan  setelah dilakukan intervensi. Berdasarkan analisis dari data hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan pemahaman matematis awal siswa pada Operasi Hitung Pecahan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengukuran kondisi baseline1 (A), intervensi (B) dan kondisi baseline2 (A)  yang dilakukan selama 10 hari  mengalami peningkatan. Hasil dari pengolahan data level perubahan pemahaman matematis siswa mengalami peningkatan dan dilihat dari persentase overlap menunjukkan  28,57% dan 14,28 % yang artinya pengaruh intervensi (B) terhadap target behaviour sangat baik.

Kata Kunci: Single Subject Research, Kemampuan matematis awal, pecahan


References


Fauziah, K., Parta, I. N., & Rahardjo, S. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Perkalian Matriks Bercirikan Penemuan Terbimbing untuk Siswa Smk Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1721-1729.

Sumarmo, Utari. (2013). Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Kumpulan Makalah. FMIPA UPI. Bandung. Diterbitkan.

Yeni mukhlesi ety. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar.Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS) vol 2 (2). 1 – 10

Nabilla Tasya., Abadi Prasetyo Agung. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 660 – 663

Rahmawati. (2017). Desain Pembelajaran Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Dengan Menggunakan Timbangan Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Matematika. 11(1). 57-68.

Yusmin, E. (2017). Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika (Rangkuman dengan Pendekatan Meta-Ethnogrphy). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. 9(1):2123

Paridjo. (2008). Suatu Solusi Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika. Universitas Terbuka.

Hartini, T. N. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IV SDN Krian 2 dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pecahan

Nasiruudin, F. A. Z., & Hayati. (2019). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan pada Siswa Sekolah Dasar di Makassar. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 1(2), 23–31.

Badaruddin, Kadir, & Anggo, M. (2016). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal–Soal Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5(1), 99–113.

Astuty, K. Y., & Wijayanti, P. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Matematika PAda Materi Pecahan Di SDN Medokan Semampir I/259 Surabaya. MATHEdunesa, 3(2), 1–7.

Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subjek Tunggal. Center for Research on International Cooperation in Education Development (CRICED) University of Tsukuba.




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v7i2.8198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo