Analisis Pembelajaran Online Terhadap Kejenuhan Belajar Matematika Siswa

Qurrota A'yun, Dimas Anditha Cahyo Sujiwo

Abstract


Abstrak

Kejenuhan yang dirasakan oleh setiap siswa terhadap Pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 perlu diperhatikan oleh setiap guru. Kejenuhan ini tentu berpengaruh terhadap proses belajar siswa. Penyebab kejenuhan belajar siswa perlu kita cari sebagai bentuk antisapasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab kejenuhan belajar siswa dalam pembelajaran online. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan segala fenomenna atau peristiwa yang terjadi. Dalam pelaksanaan pembelajaran online, guru menggunakan aplikasi zoom dan Whatsapp sebagai media belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwaberdasarkan aspek kejenuhan belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berupa kegiatan/tugas padat, asupan/makan yang tidak tepat waktu, kelelahan fisik dan mental, faktor eksternal berupa tidak adanya perhatian/arahan penjelasan,,repetasi, dan motivasi .

 

Kata Kunci: Kejenuhan Belajar, Faktor-faktor Kejenuhan Belajar, Pembelajaran Online.


References


Afifah, Siti. 2019. “Pengaruh Kejenuhan Belajar Dan Interaksi Sosial Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Dengan Sistem Pesantren Modern Di Samarinda.” Psikoborneo 7 (4): 965–72.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2020. Surat Edaran Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Dewi. R.P, Yosef & Harlina. 2017. Hubungan Antara Academic Self-Confidence Dengan Kejenuhan (Burnout) Belajar Siswa Smk Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal. Bimbingan Konseling Universitas Sriwijaya.

Raqfika, U., Tjalla, A., & Chanum, I. 2016. Penerapan Konseling Individu Dengan Teknik Instruksi Diri Dalam Pendekatan Terapi Kognitif- Perilaku Untuk Mengurangi Kejenuhan Pada Mahasiswa (Penelitian Subjek Tunggal Terhadap Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta). Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 126.

Rohman, Moh Agus. 2018. “Kejenuhan Belajar Pada Siswa Di Sekolah Dasar Full Day School.” Director 15 (29): 7577–88.

Suardi, Moh. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Deepublisher

Vitasari, Ita. 2013. “Kejenuhan (Burnout) Belajar Ditinjau Dari Tingkat Kesepian Dan Kontrol Diri Pada Siswa Kelas XI Sma Negeri 9 Yogyakarta.” Journal Of Chemical Information And Modeling 53 (9): 1689–99.




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v7i1.7695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo