Perkembangan Kemampuan Matematis Awal Siswa Kelas X SMKN1 Laweha Pada Operasi Hitung Pecahan

Oslen Sijabat, Hanter Manik, Maria Marta Manao

Abstract


Matematika memberikan kontribusi yang besar dalam membekali siswa untuk menghadapi masa depan. Oleh sebab itu matematika merupakan ilmu yang banyak memberi sumbangan dalam ilmu lain, Kemampuan pemahaman matematik perlu diberikan kepada siswa untuk membekali mereka  agar dapat berpikir kritis, logis, sistematis, dan kreatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah  penelitian Single Subject Research (SSR) yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan pemahaman matematis awal siswa kelas X pada Operasi Hitung Pecahan. Penelitian ini menggunakan desain A-B-A yang merupakan pengembangan dari desain dasar A-B, yang mana terdapat pengulangan kondisi baseline setelah intervensi dilakukan. Berdasarkan analisis dari data hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan pemahaman matematis awal siswa pada Operasi Hitung Pecahan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengukuran kondisi baseline1 (A), intervensi (B) dan kondisi baseline2 (A)  yang dilakukan selama 10 hari  mengalami peningkatan. Hasil dari pengolahan data level perubahan pemahaman matematis siswa mengalami peningkatan dan dilihat dari persentase overlap menunjukkan  28,57% dan 14,28 % yang artinya pengaruh intervensi (B) terhadap target behaviour sangat baik.

References


Fauziah, K., Parta, I. N., & Rahardjo, S. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Perkalian Matriks Bercirikan Penemuan Terbimbing untuk Siswa Smk Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1721-1729.

Sumarmo, Utari. (2013). Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Kumpulan Makalah. FMIPA UPI. Bandung. Diterbitkan.

Yeni mukhlesi ety. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar.Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS) vol 2 (2). 1 – 10

Nabilla Tasya., Abadi Prasetyo Agung. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 660 – 663

Rahmawati. (2017). Desain Pembelajaran Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Dengan Menggunakan Timbangan Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Matematika. 11(1). 57-68.

Yusmin, E. (2017). Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika (Rangkuman dengan Pendekatan Meta-Ethnogrphy). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. 9(1):2123

Paridjo. (2008). Suatu Solusi Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika. Universitas Terbuka.

Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subjek Tunggal. Center for Research on International Cooperation in Education Development (CRICED) University of Tsukuba.




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v7i1.7165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo