ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dan mereduksi data. Terdapat 1 orang subjek yang dipilih dari tiap-tiap golongan disposisi matematis. jadi, total subjek terdapat 3 orang.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes angket, tes soal, dan, wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa subjek 1 termasuk tergolong pada disposisi matematis tinggi. Subjek 1 memiliki kemampuan disposisi matematis tinggi. Subjek 1 melakukan kesalahan pada soal nomor 3, kesalahan tersebut tergolong pada kesalahan operasi. Subjek 2 memiliki kemampuan disposisi matematis sedang, melakukan kesalahan yang termasuk pada kesalahan operasi dan prinsip. subjek 2 melakukan kesalahan pada soal nomor 2 dan 3. Subjek 3 memiliki disposisi rendah, melakukan kesalahan pada soal nomor 2 dan 3. Kesalahan tersebut tergolong ke dalam kesalahan konsep semua.
Kata Kunci: Kemampuan Disposisi Matematis, Soal Cerita Matematika, Kesalahan Siswa.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Sumarmo, D., Jarnawi, & Stanley. (2016). Meningkatkan Kemamuan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Metaphorical Thinking. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika. 2(2) : 28-39
Hidayah.S. (2016). Analisis Kesalahan siswa dalam menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Berdasakan Langkah Penyelesaian Polya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 ~ Universitas Kanjuruhan Malang
Rahayu.P.S. (2018). Anlisis Kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal SPLDV. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia. 7(6) : 331-340
Layn.M.R dan Kahar.M.S.(2017) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara. 3(2) : 59-149
DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v5i2.6950
Refbacks
- There are currently no refbacks.