Pengaruh Model Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Dan Percaya Diri Siswa Mas Nurul Ittihadiyah Lubuk Pakam

Muhammad Abdi, Marah Doly Nasution, Zulfi Amri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh yang signifikan antara model kooperatif STAD dan Jigsaw terhadap pemahaman matematis siswa, (2) pengaruh yang signifikan antara model kooperatif STAD dan Jigsaw terhadap kepercayaan diri siswa, (3) terdapat interaksi antara siswa keterampilan matematika awal dan model pembelajaran untuk pemahaman matematika siswa, (4) terdapat interaksi antara keterampilan matematika awal dan model pembelajaran untuk kesadaran diri siswa. Alat bantu yang digunakan terdiri dari: (1) keterampilan matematika awal siswa, (2) tes keterampilan komunikasi, (3) angket kepercayaan diri. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis inferensi. Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis kovarians (ANAKOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara model kooperatif tipe STAD dan Jigsaw terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa, dengan nilai sig. 0,004 lebih kecil dari dengan 0,05 (2) terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa dengan dengan nilai sig. 0,037 lebih kecil dari dengan 0,05 (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara model kooperatif tipe STAD dan Jigsaw terhadap percaya diri siswa, dengan nilai sig. 0,004 lebih kecil dari dengan 0,05 (4) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap percaya diri siswa dengan nilai sig. 0,172 lebih besar dari dengan 0,05

Kata Kunci: KAM, Model STAD, Jigsaw, Kemampuan Pemahaman, Percaya Diri


References


Ammy Chairani. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa Smp Muhammadiyah 1 Medan

Aqib, Zainal. 2014. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Edisi revisi. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2013. Prosedur penelitian : Suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Cahyo, Agus. 2013. Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: DIVA Press.

Inge Pudjiastuti Adywibowo. 2010. Memperkuat Kepercayaan Diri Anak melalui Percakapan Referensial. Jakarta: Jurnal Pendidikan Penabur.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media

Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Syahputra, Edi. 2016. Statistika Terapan untuk Quasi dan Pure Experiment. Medan: Unimed Press.




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v6i2.6885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo