ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN TIPOLOGI HIPPOCRATES-GALENUS

Indah Kurnia Awaliyah, Lukman Jakfar Shodiq, Puji Savvy Dian Faizati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan mengkaji lebih dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari tipe kepribadian tipologi Hippocrates-Galenus. PeneĀ­litian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 02 Lumajang yang berjumlah 32 siswa. Dalam penelitian ini terdapat 4 subjek yang diteliti secara rinci. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner, soal tes, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tipe kepribadian, soal tes, serta pedoman wawancara. Analisis data yang yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang paling baik yaitu tipe kepribadian Melankolis. Siswa bertipe kepribadian Melankolis memiliki skor tertinggi serta dapat melalui 4 tahapan Polya yaitu, memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali jawaban. Siswa bertipe kepribadian Sanguinis merupakan siswa yang sulit memahami, kurang teliti dan membutuhkan arahan. Siswa bertipe kepribadian Koleris cenderung fokus satu soal saja. Sedangkan siswa bertipe kepribadian Phlegmatis sulit memahami, dan mengerjakan soal dengan terburu-buru.

Kata kunci: Pemecahan Masalah, Tipe Kepribadian, Hippocrates-Galenus


References


Anam, M. K., Suharto, S., Murtikusuma, R. P., Hobri, H., & Oktavianingtyas, E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Teori APOS (Action, Process, Object, Schema) Ditinjau dari Tipe Kepribadian Florence Littauer. KadikmA, 9(2), 49-58.

Danoebroto, S. W. (2013). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Kemampuan Siswa memecahkan masalah matematika. Diakses melalui http://www. mediafire. com/view.

Fitria, C. (2014). Profil keterampilan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian (sanguinis, koleris, melankolis, dan phlegmatis). MATHEdunesa, 3(3).

Hartono, Y. (2014). Matematika strategi pemecahan masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hasanah, N., Mardiyana, M., & Sutrima, S. (2013). Analisis proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian extrovert-introvert dan gender. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(4).

Ilmiyana, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Tipe Kepribadian Dimensi Myer Briggs type Indicator (MBTI) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v6i2.6686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo