PENERAPAN PBL BERBANTUAN PREZI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Dyah Syafitri, Fury Styo Siskawati, Tri Novita Irawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika
siswa pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VII Mts Ma’arif Ambulu. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan
dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan Peningkatan rata rata keaktifan belajar pada setiap
pertemuan mengalami peningkatan dimana siklus I pertemuan pertama rata-rata
persentase keaktifan belajar siswa sebesar 75 % dan pada pertemuan kedua
meningkat menjadi 78,125%. Pada siklus II pertemuan pertama rata-rata persentase
keaktifan belajar siswa sebesar 87,5% dan pada pertemuan kedua meningkat
menjadi 93,75%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata
ketuntasan belajar siswa sebesar 65,625 % dari 21 siswa atau meningkat sebesar
31,25% dari persentase rata – rata pra siklus, pada siklus II rata-rata ketuntasan
belajar siswa sebesar 87,5 % dari 28 siswa atau meningkat sebesar 53, 125 % dari
nilai awal pra siklus.
Kata Kunci: Problem Based Learnig (PBL), Prezi, Aktivitas, Hasil Belajar,
Aritmatika Sosial


References


Djamarah, S. Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif.

Jakarta: Rineka Cipta.

Mustamin, S. H. 2010.”Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui

Penerapan Asesmen Kinerja. Lentera Pendidikan.” [online]. Volume 13,

No.1.http://www.uinalauddin.ac.id/download03%20Meningkatkan%20Hasil

%20Belajar%20%20St%20Hasmiah%20Mustamin.< 4 Januari 2020>.

Purnomo, Y. W. 2011. “Keefektifan Model Penemuan Terbimbing Dan

Cooperative Learning Pada Pembelajaran Matematika.” Jurnal Pendidikan.

[online], volume 41, nomor 1.

http://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/download/503/366 < 4 Oktober

>.

Rusman. 2011. Model- model Pembelajaran (Mengembangkan

Profesionalisme Guru). Cetakan keempat. Jakarta :Rajawali Pers.

Halik, Fitriani.2019.“Pengembangan Modul Berbasis Model Problem Based

Learning (PBL) Pada Materi Aritmatika Sosial Di Kelas Vii Smpn 2

Pattallassang Kabupaten Gowa”. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan

Uin Alauddin Makassar.

Rusman. 2011. Model- model Pembelajaran (Mengembangkan

Profesionalisme Guru). Cetakan keempat. Jakarta :Rajawali Pers.

Rosadi, Andrian.2012. “Media Presentasi Prezi.” (online)

(http://teknologi.kompasiana.com/). < 3 Oktober 2019>

Argarini, Dian Fitri & Sulistyorini, Yunis. 2018. “Pengembangan Media

Pembelajaran Berbasis Prezi Pada Matakuliah Analisis Vektor”. Jurnal

Pendidikan Matematika,No.2(3): 209-222.

Nurhaliza. 2018.” Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning

Berbantu Prezi Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Aktivitas Belajar

Tinggi Siswa Kelas VIII”. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan

Matematika (3th Senatik)




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v6i2.6682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo