PENGARUH MODEL PEMEBLAJARAN GI BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA

Nikmawati A. Sude, Ismail Djakaria, Tedy Machmud

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation berbantuan media pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari kemampuan awal matematika. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain treatment by level 2 x 2. Data penelitian diperoleh melalu tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan tes kemampuan awal matematika. Analisis data kemampuan pemecahan masalah matematika yang pengelompokkannya didasarkan pada skor tes kemampuan awal matematika yang menjadi variabel moderator mencakup kemampuan awal matematika tinggi dan kemampuan awal matematika rendah. Data penelitian di analisis dalam dua bagian yakni analisis deskriptif dan analisis inferensial. Penelitian ini menghasilkan temuan yakni : (1) Model pembelajaraan kooperatif tipe group investigation berbantuan media pembelajaran dipandang cocok dalam membelajarkan PLSV dan PtLSV di kelas VII pada tingkat Sekolah Menengah Pertama daripada model pembelajaran langsung berbantuan media pembelajaran. (2) Model pembelajaraan kooperatif tipe group investigation berbantuan media pembelajaran dipandang cocok dalam membelajarkan PLSV dan PtLSV di kelas VII pada tingkat Sekolah Menengah Pertama daripada model pembelajaran langsung berbantuan media pembelajaran pada kelompok peserta didik yang memiliki kemampuan awal matematika tinggi. (3) Model pembelajaraan kooperatif tipe group investigation berbantuan media pembelajaran dan model pembelajaran langsung berbantuan media pembelajaran dipandang cocok dalam membelajarkan PLSV dan PtLSV di kelas VII pada tingkat Sekolah Menengah Pertama pada kelompok peserta didik yang memiliki kemampuan awal matematika rendah.

Kata Kunci : Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Group Investigation, Model Pembelajaran Langsung, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Kemampuan Awal Matematika.




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v6i1.5392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo