IMPLEMENTASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL
Abstract
Pada Penelitian ini dilatar belakangi dari pentingnya kemampuan koneksi matematis
terutama di tingkat sekolah menengah pertama (SMP). Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengimplementasikan kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan
pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Metode
penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen di salah satu sekolah di
Bandung Barat. Sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII yaitu kelas
VII-C sebagai kelas eksperimen dengan pendekatan kontekstual sebanyak 22 siswa
dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran yang biasa yang
dilakukan sehari-hari disekolah. sebanyak 22 siswa. Instrumen terdiri tes perangkat
pembelajaran untuk mengukur kemampuan koneksi matematis siswa. Tes dilakukan
dua kali dengan soal yang sama yakni sebelum dan sesudah pembelajaran (pretest–
posttest). Berdasarkan perhitungan menggunakan Minitab 16 didapat hasil penelitian
menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan
pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) lebih baik dari
pada dengan kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran
yang dilakukan sehari-hari oleh siswa disekolah. sebagian besar siswa memiliki
interpretasi sikap baik terhadap pembelajaran Matematika dengan menggunakan
pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL).
Kata Kunci: Implementasi, Kemampuan Koneksi Matematis, Pendekatan
Pembelajaran CTL.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v5i1.3191
Refbacks
- There are currently no refbacks.