ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI

Fitri Indah Maulani, Luvy Sylviana Zanthy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dengan melihat kesalahan
dan faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal
materi transformasi geometri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 30
orang siswa kelas XII SIJA A di SMK Negeri 1 Cimahi yang telah mempelajari materi
transformasi geometri. Dari hasil tes yang diberikan, kesalahan yang paling banyak
terjadi pada submateri dilatasi yaitu hanya 10% atau hanya 3 orang siswa yang
menjawab dengan benar. Kesalahan yang paling sedikit tejadi pada submateri translasi
yaitu 40% atau 12 orang siswa yang menjawab dengan benar. Secara keseluruhan
kesalahan siswa kelas XII SIJA A dominan berbentuk kesalahan konsep dan
disebabkan oleh cara belajar yang tidak kontinu, kurangnya usaha yang dilakukan
dalam mengerjakan soal yang diberikan, tidak teliti dan tergesa-gesa dalam
menyelesaikan soal yang diberikan..
Kata Kunci: Analisis kesalahan, Transformasi geometri.
Abstra




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v5i1.3189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo