PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PONDOK ANGKRINGAN KANG TEEK JEMBER

Wahyu Eko Setianingsih

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh bagian dari bauran pemasaran jasa, yaitu harga, lokasi, dan physical evidence terhadap kepuasan konsumen pada obyek penelitian Pondok Angkringan Kang Teek. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Pondok Angkringan Kang Teek pada saat dilakukan penelitian. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, diperoleh 40 konsumen yang dijadikan sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan, harga, lokasi, dan physical evidence berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Pondok Angkringan Kang Teek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen pada Pondok Angkringan Kang Teek sangat memperhatikan harga, lokasi, dan physical evidence dalam melakukan pembelian sehingga pada akhirnya menimbulkan kepuasan pada konsumen.

Kata Kunci : kepuasan konsumen, harga, lokasi, physical evidence.


References


Adiele, Kenneth C, Miebaka D, Grend, dan Ezirim Aloy Chinedu. 2015, “Physical Evidence and Customer Patronage : An Empirical Study of Nigeria Banking Sector”. British Journal of Economics, Management and Trade 7 (3) : 188-199, 2015 Article no. BJEMT. 2015.083.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-prinsipPemasaran.Edisi 12.Erlangga,Jakarta.

Kotler, Philip dan Keller, 2007. ManajemenPemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT. Indeks, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. EdisiKedua.Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Lisarini, Endah dan Ningtyas. 2014, “Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Sweetberry Agrowisata Cipanas”. Jurnal Agroscience Volume 4 No. 2 : Juli – Desember 2014.

Rachman, Fatchur. 2014, “Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan AUTO 2000 Sungkono Surabaya”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 3 No.11 (2014).

Sari, Muhara. 2015, “Pengaruh Physical Evidence Terhadap Kepuasan Pelanggan Lottemart Dengan Aksebilitas Sebagai Variabel Moderator”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 4, Nomor 10, Oktober 2015.

Sugiyono.2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatifdan R&D. Alfabeta. Bandung.

Soelasih, Yasintha. 2015, “Is Physical Evidence Still Valid? A Study of Law Cost Carriers In Indonesia”. Gadjah Mada International Journal of Business Vol. 17, No. 3 (September – December 2015) : 203-218.

Tjandra, Sofyan Hadi dan Tagor M.P Panjaitan. 2008, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Siloam Hospital Lippo Karawaci”. DeReMa Jurnal Manajemen Vol. 3 No. 3 September 2008.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Andi, Yogyakarta.

Yunus dan Budiyanto. 2014, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 3 No. 12 (2014).




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v3i1.781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats