Minat Bertransaksi sebagai Variabel Moderasi Keputusan Penggunaan Financial Technology
Abstract
Perkembangan teknologi di Indonesia khususnya dalam bidang teknologi keuangan (financial technology) menimbulkan perubahan perilaku masyarakat dalam kegiatan bertransaksi. Masyarakat yang dulunya bertransaksi secara konvensional sekarang lebih banyak menggunakan aplikasi financial technology bidang payment untuk melakukan proses transaksi. Dompet digital (E-Wallet) berkembang pesat dalam masyarakat karena dapat mempermudah proses transaksi. Masyarakat cenderung menggunakan aplikasi OVO, Gopay, ShopeePay, DANA, dan LinkAja dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh Literasi Keuangan, Efektivitas, Dan Perilaku Keuangan Terhadap Penggunaan Financial Technology yang di Moderasi oleh Minat Bertransaksi. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat Kota Madiun dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sebanyak 382 responden. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan software SmartPLS versi 3. Hasil penelitian ini adalah literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan financial technology, efektivitas berpengaruh signifikan terhadap penggunaan financial technology, perilaku keuangan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan financial technology, minat bertransaksi dapat memoderasi hubungan antara literasi keuangan dan penggunaan financial technology. minat bertransaksi tidak dapat memoderasi hubungan antara efektivitas dan penggunaan financial technology, dan minat bertransaksi tidak dapat memoderasi hubungan antara perilaku keuangan dan penggunaan financial technology.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmadi, H., & Sulistiyowati, L. N. (2018). Pengaruh Status Sosial Ekonomi, Gender Terhadap Literasi Keuangan Studi Eksperimen Pada Pelaku Usaha Umkm Di Madiun 1,2). September, 178–187.
Aziz, R. (2021). Survei 5 Dompet Digital Terpopuler Di Indonesia, Siapa Jawaranya? Bisnis.Com. Https://Finansial.Bisnis.Com/Read/20210830/563/1435905/Survei-5-Dompet-Digital-Terpopuler-Di-Indonesia-Siapa-Jawaranya
Azizah, W. N. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Kemudahan Dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Finansial Technology (Fintech) Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (Iain) Palu. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 2(2), 199–222.
Dew, J. P., & Xiao, J. J. (2011). The Financial Management Behavior Scale: Development And Validation.
Farida, M. N., Soesatyo, Y., & Aji, T. S. (2021). Influence Of Financial Literacy And Use Of Financial Technology On Financial Satisfaction Through Financial Behavior. International Journal Of Education And Literacy Studies, 9(1), 86–95.
Franedya Roy, T. B. (2018). Ini Dia Empat Jenis Fintech Di Indonesia. Cnbc Indonesia. Https://Www.Cnbcindonesia.Com/Tech/20180110145800-37-1126/Ini-Dia-Empat-Jenis-Fintech-Di-Indonesia
García-Pérez-De-Lema, D., Ruiz-Palomo, D., & Diéguez-Soto, J. (2021). Analysing The Roles Of Ceo’s Financial Literacy And Financial Constraints On Spanish Smes Technological Innovation. Technology In Society, 64(January). Https://Doi.Org/10.1016/J.Techsoc.2020.101519
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares. Badan Penerbit Undip.
Hilgert, M. A., Hogarth, J. M., & Beverly, S. G. (2003). Household Financial Management: The Connection Between Knowledge And Behavior. Fed. Res. Bull., 89, 309.
Hu, Z., Ding, S., Li, S., Chen, L., & Yang, S. (2019). Adoption Intention Of Fintech Services For Bank Users: An Empirical Examination With An Extended Technology Acceptance Model. Symmetry, 11(3), 340.
Immawati, S. A., & Dadang, D. (2019). Minat Masyarakat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (Fintech) Di Kota Tangerang. Simposium Nasional Mulitidisiplin (Sinamu).
Jefrie, H. W. (2020). Pengaruh Financial Attitude, Financial Knowledge, Dan Financial Behavior Terhadap Financial Technology Literacy. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(2), 371–379.
Katadata. (2017). Berapa Transaksi Fintech Indonesia? Databoks.Katadata. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2017/08/22/Berapa-Transaksi-Fintech-Indonesia
Khoiriyah, I., Kusumawati, D. A., & Indriasari, I. (2020). Analisis Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (Fintech) Di Jawa Tengah. Stability: Journal Of Management And Business, 3(2), 48–57.
Kulathunga, K. M. M. C. B., Ye, J., Sharma, S., & Weerathunga, P. R. (2020). How Does Technological And Financial Literacy Influence Sme Performance: Mediating Role Of Erm Practices. Information (Switzerland), 11(6). Https://Doi.Org/10.3390/Info11060297
Lusardi, A., Samek, A., Kapteyn, A., Glinert, L., Hung, A., & Heinberg, A. (2017). Visual Tools And Narratives: New Ways To Improve Financial Literacy. Journal Of Pension Economics And Finance, 16(3), 297–323. Https://Doi.Org/10.1017/S1474747215000323
Madiun, D. C. K. (2020). Laporan Jumlah Penduduk Dan Jumlah Kk Kota Madiun Per Maret 2020. Dinas Dukcapil. Https://Capil.Madiunkota.Go.Id/2020/04/01/Laporan-Jumlah-Penduduk-Dan-Jumlah-Kk-Kota-Madiun-Per-Maret-2020/
Marisa, O. (2020). Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, Dan Risiko Berpengaruh Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology. Jurnal Administrasi Kantor, 8(2), 139–152.
Morgan, P., Huang, B., & Trinh, L. (2020). The Need To Promote Digital Financial Literacy For The Digital Age Bihong Huang ( Asian Development Bank Institute ). June 2019, 1–9.
Mutia, A. C. (2021). Kebutuhan Pembayaran Digital Jadi Faktor Utama Masyarakat Ri Pakai E-Wallet. Databoks.Katadata. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2021/07/14/Kebutuhan-Pembayaran-Digital-Jadi-Faktor-Utama-Masyarakat-Ri-Pakai-E-Wallet
Nasir, F. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas Dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Aplikasi Ovo Studi Pada Mahasiswa S1 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Jurnal Investasi, 7(1), 36–43.
Noviyanti, A., & Erawati, T. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan Dan Efektivitas Terhadap Minat Menggunakan Financial Technology (Fintech)(Studi Kasus: Umkm Di Kabupaten Bantul). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Indonesia, 4(2), 65–74.
Panos, G. A., & Wilson, J. O. S. (2020). Financial Literacy And Responsible Finance In The Fintech Era: Capabilities And Challenges. European Journal Of Finance, 26(4–5), 297–301. Https://Doi.Org/10.1080/1351847x.2020.1717569
Philippas, N. D., & Avdoulas, C. (2020). Financial Literacy And Financial Well-Being Among Generation-Z University Students: Evidence From Greece. European Journal Of Finance, 26(4–5), 360–381. Https://Doi.Org/10.1080/1351847x.2019.1701512
Rahmatillah, I., Novirani, D., & Fitri, R. N. (2018). Analisis Pengaruh Perilaku Penggunaan Teknologi Fintech Pada Generasi Millennial Di Kota Bandung.
Riyanto, G. P. (2021). Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta. Kompas.Com. Https://Tekno.Kompas.Com/Read/2021/02/23/16100057/Jumlah-Pengguna-Internet-Indonesia-2021-Tembus-202-Juta
Rohila; Yusuf, M. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, Dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (Fintech) (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Bantargebang, Kota Bekasi).
Saleh, M. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Kualitas Pembelajaran Keuangan Terhadap Penggunaan Fintech Mahasiswa Manajemen Dan Akuntansi Universitas Fajar. Manor: Jurnal Manajemen Dan Organisasi Review, 2(2), 94–105.
Septina, N., Djajadikerta, H., Setiawan, A., Danil, L., Susilo, A., & Fitriani, K. (2021). Pelatihan Daring Financial Life Skills: Alternatif Literasi Keuangan Di Masa Pandemi. Pengabdian Sosial, 1(1).
Setiaman, S. (2020). Tutorial Analisa Parsial Model Persamaan Struktural Dengan Software Smart-Pls Versi 3.
Soekarno, S., & Pranoto, S. (2020). Influence Of Financial Literacy On The Stock Market Participation And Financial Behavior Among Indonesian Millennials. 27, 115–125. Https://Doi.Org/10.1108/S1571-038620200000027009
Sukaris, S., Renedi, W., Rizqi, M. A., & Pristyadi, B. (2021). Usage Behavior On Digital Wallet: Perspective Of The Theory Of Unification Of Acceptance And Use Of Technology Models. Journal Of Physics: Conference Series, 1764(1). Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1764/1/012071
Suyanto, S., & Kurniawan, T. A. (2019). Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Penggunaan Fintech Pada Umkm Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam). Akmenika: Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(1).
Tang, K. L., Ooi, C. K., & Chong, J. B. (2020). Perceived Risk Factors Affect Intention To Use Fintech. Journal Of Accounting And Finance In Emerging Economies, 6(2), 453–463. Https://Doi.Org/10.26710/Jafee.V6i2.1101
Tukan, B. A. P., & Wahyudi, W. (2020). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Technology, Dan Pendapatan Terhadap Perilaku Keuangan Dosen. Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi I.
Wang, Z., Guan, Z., Hou, F., Li, B., & Zhou, W. (2019). What Determines Customers’ Continuance Intention Of Fintech? Evidence From Yuebao. Industrial Management And Data Systems, 119(8), 1625–1637. Https://Doi.Org/10.1108/Imds-01-2019-0011
Wewengkang, C. B. P., Mangantar, M., Wangke, S. J. C., & Program, M. (2021). The Effect Of Financial Technology Use And Financial Literacy Towards Financial Inclusion In Manado (Case Study: Feb Students In Sam Ratulangi University Manado). Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 599–606. Https://Doi.Org/10.35794/Emba.V9i2.33593
Yoshino, N., Morgan, P. J., & Long, T. Q. (2020). Financial Literacy And Fintech Adoption In Japan. In Asian Development Bank Institute Working Paper 1095 (Issue 1095). Https://Www.Adb.Org/Publications/Financial-Literacy-Fintech-Adoption-Japan
Younas, W., Javed, T., Kalimuthu, K. R., Farooq, M., Rehman, F. K., & Raju, V. (2019). Impact Of Self-Control, Financial Literacy And Financial Behavior On Financial Well-Being. The Journal Of Social Sciences Research, 5(1), 211–218.
Zavolokina, L., Dolata, M., & Schwabe, G. (2016). The Fintech Phenomenon: Antecedents Of Financial Innovation Perceived By The Popular Press. Financial Innovation, 2(1), 1–16.
Zhang, L. L., & Kim, H. K. (2020). The Influence Of Financial Service Characteristics On Use Intention Through Customer Satisfaction With Mobile Fintech. Journal Of System And Management Sciences, 10(2), 82–94. Https://Doi.Org/10.33168/Jsms.2020.0206
DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v8i2.7392
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats