Peran Copywriter Dalam Pembuatan Konten Sebagai Sarana Media Informasi Digital Pada Dinas Kominfo Sumenep

Nur Qoudri Wijaya, Syaiful Anwar, Unsul Abrar

Abstract


Di era digitalisasi saat ini media sosial menjadi kekuatan dalam penyebaran informasi dalam rangka mempengaruhi dan mengajak dalam melakukan tindakan sesuai kehendak penyebarnya. Dalam rangka menciptakan komunikasi public yang baik pemerintah daerah khususnya Kabupaten Sumenep dalam hal ini Dinas Kominfo Kabupaten Sumenep memanfaatkan media social (Instagram dan Facebook) dengan menampilkan konten-konten yang komunikatif  dan informatif kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Sumenep. Dalam membuat Copywriting dibutuhkan orang – orang yang menulis dan merangkai kata – kata disebut juga Copywriter. Tak hanya sekedar menulis tapi juga seorang copywriter harus mampu mengolah kata dan kalimat agar lebih menarik dan dapat menarik perhatian konsumen. Di Masa pandemic covid 19 saat ini Dinas Kominfo Kabupaten Sumenep cukup aktif dalam membuat Copywriting yang sifatnya berupa pengumuman, himbauan dan ajakan kepada masyarakat di Kabupaten Sumenep sebagai sarana komunikasi. Dibalik copywriting yang dibuat oleh Dinas Kominfo Kabupaten Sumenep ada ada konten creator dan copywriter yang inovatif. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti sejauh mana peran copywriter dalam pembuatan konten sebagai sarana media informasi digital pada dinas kominfo sumenep

Keywords


Copywriting; Copywriter; Informasi digital

References


Agustina, Zuli. (2016) Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kualitas Proses Belajar Mengajar Di Paud Apik Rejosari Wonodadi Blitar. Skripsi. Iain Tulungagung.

Baran, Stanley. J. 2011. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Empat.

Chaffey, Dave dan PR Smith. 2013. E-Marketing, Excellence. UK: Butterwort – Heinemann.

Farokhi, M. Darul (2014) Komunikasi Anti Sosial Anggota Komunitas Judi Online Di Taman Sepanjang Sidoarjo. Undergraduate Thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51-66.

Moriarty, Sandra, Nancy Mitchell, dan William Wells. (2011). Advertising Edisi 8. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Puntoadi, Danis. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta (Id) : PT Elex Komputindo.

Sasmita, Gian Gusli (2015) Rancang Bangun Media Informasi Bis Umum Di Terminal Purwokerto Berbasis Android (A Design Of Media Information Of Bus In Purwokerto Bus Station Android Based). Bachelor Thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Syaifudin, Fajar (2016) Media Komunikasi Mahasiswa Dalam Meningkatkan Prestasi Studi : Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate Thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v8i1.7352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats