PENGARUH UKURAN DEWAN KOMISARIS DAN UKURAN DEWAN KOMITE TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) MELALUI KINERJA KEUANGAN DI ERA COVID 19

Ibna Kamilia Fiel Afroh, Achmad Hasan Hafidzi

Abstract


Pasar modal tertekan di tengah perjuangan Indonesia melawan pandemi virus corona (Covid-19). Indeks harga saham gabungan, indeks acuan utama di Bursa Efek Indonesia begitu tertekan, demikian pula dengan kinerja reksadana. Pada tanggal 1 Juni Indonesia akan menjalani situasi New Normal atau singkatnya menjalankan kehidupan dengan protokol kesehatan yang ketat di tengah pandemi Covid-19 yang mulai dilakukan Indonesia dengan demikian, roda bisnis perlahan perlahan kembali berputar sehingga berpeluang terlepas dari ancaman resesi global. New Normal membuat mood pelaku pasar modal membaik sejak pekan ini (2-5 Juni 2020). Return menjadi salah satu faktor yang dapat memotivasi investor untuk melakukan investasi. Banyak penelitian telah dilakukan dengan meneliti hubungan antara GCG dan return saham melalui kinerja perusahaan. Namun, beberapa hal tidak menunjukkan keberhasilan dan terdapat kesenjangan penelitian. Hasil penelitian berpengaruh besar terhadap penilaian return saham serta mencoba mengukur return saham dari GCG dan kinerja perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Pengambilan keputusan ini didasarkan pada teori yang ada. Bahkan peran GCG yang diharapkan mampu menjadikan Return Saham akan lebih baik dimasa Pandemi Covid 19.

References


Brealey, Stewart C.Mayer dan Alan J.Marcus. 2008. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan. Jilid 2, Edisi ke-5. Erlangga: Jakarta

Darmawati.2014. Corporate Social ResponsibilityDalam Perspektif Islam. Jurnal MAZAHIB : Vol. XIII, No. 2, Pg. 125 – 138.

Dewi, Indah Fitri Karunia. 2012. Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, dan Porsi Kepemilikan Publik atas Saham Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reportingpada PerusahaanJakarta Islamic Index. Skripsi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Dipika, Nur Anisa. 2014. Pengaruh Good Corporate Governance, Ukuran Perushaan dan Profitabilitas terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting.Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Direktorat Pasar Modal Syariah Otoritas Jasa Keuangan. Roadmap Pasar Modal Syariah 2015-2019.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multitative Dengan Program SPSS.Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haniffa, R. 2002. Social Reporting Disclosure: An Islamic Perspective. Indonesian Management Research, 128-146.

Haniffa, R. M., & Cooke, T. E. 2005.The Impact of Culture and Governance on Corporate Social Reporting. Journal of Accounting and Public Policy, 24, pg. 391-430.

Jannah, Awalya Ma’rifatul dan Asrori. 2016. Pengaruh GCG, Size, Jenis Produk dan Kepemilikan Saham Publik. Accounting Analysis Journal 5 (1). ISSN 2252-6765.

Kariza, Ayu. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada Perusahaan yang Listing di Jakarta Islamic Index. Jurnal Akuntansi.

Khoirudin, Amirul. 2013. Pengaruh Elemen Good Corporate Governance terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Perbankan Syariah di Indonesia.Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Kurnia et.al.Islamic Finance Outlook 2015. KARIM: Consulting Indonesia.

KNKG. 2004. Corporate Governance. Komite Nasional Kebijakan Governance. Jakarta.

Laporan Perkembangan Keuangan Syariah Otoritas Jasa Keuangan Tahun 2013.

Laporan Kinerja Otoritas Jasa Keuangan Tahun 2015.

Laporan Triwulanan, Triwulan IV-2015. Otoritas Jasa Keuangan.

Nastiti, Ari Sita. 2016. Pengaruh Pengungkapan Islamic Social Reporting TerhadapEarnings Response Coefficient. Tesis. Jember: Universitas Jember.

Nurkhin, Akhmad. 2010. Corporate Governance dan Profitabilitas; Pengaruhnya terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Magister Akuntansi Vol. 2, No. 1, pg. 46-55.Universitas Negeri Semarang Indonesia.

Nurman, Rifki dan Miranti Kartika Dewi. 2013. Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Indonesia Sharia Stock Index (ISSI). Jurnal. Jakarta: Universitas Indonesia.

Olavia, Lona (30 September 2016). BEI Raih Penghargaan Tertinggi Efek Syariah.Dipetik Oktober 3, 2016.

Othman, R., Thani, A. M., & Ghani, E. K. 2009.Determinants of islamic Social Reporting Among Top Shariah-Approved Companies in Bursa Malaysia. Resarch Journal of International Studies, 12, pg. 4-20.

Putri, Tria Karina. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting Perusahaan-Perusahaan Yang Terdaftar Pada Indeks Saham Syariah (ISSI) Tahun 2011– 2012. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Raditya, Amilia Nurul. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada Perusahaan yang Masuk Daftar Efek Syariah (DES).Skripsi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Rizkiningsih, Priyesta. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Skripsi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Sembiring, Eddi Rismanda. 2005. Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial : Study Empiris Pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta. SNA VIII Solo. Sumatera Utara: Universitas Katolik St.Thomas.

Silaen, Boby Monatani. 2013. Analisis Pengaruh Size Perusahaan, Tipe Industri, Basis Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Likuiditas Terhadap Tingkat Pengungkapan Sosial Pada Perusahaan yang Go Public di BEI 2010. Jurnal.

Statistik Pasar Modal Syariah Desember 2015.Direktorat Pasar Modal Syariah - Otoritas Jasa Keuangan.

Triyuwono, Iwan. 2006. Perspektif, Metodologi, dan Teori Akuntansi Syariah. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Undang-Undang No.40 Tahun 2007 tentang Perseoran Terbatas.




DOI: https://doi.org/10.32528/jiai.v7i1.7590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIAI (Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats