PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA PERUSAHAAN DAGANG BERBASIS KAS

Khusnik Hudzafidah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan sistem informasi penjualan perusahaan dagang berbasis kas. Sistem tersebut berupa kumpuln data-data yang akan disatukan menjadi sebuah aplikasi penjualan. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu pemilik perusahaan untuk mengelolah data-data transaksi penujualan dan pembelian menjadi sebuah informasi yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan. Hasil dari aplikasi nantinya berupa laporan penjualan, laporan pembelian, dan laporan stock barang. Pemilik perusahaan tidak khawatir lagi akan kehabisan stock, karena data stock bisa dilihat sewaktu waktu dengan sangat mudah. Begitu juga tentang jumlah uangan yang masuk dari transaksi penjualan dan jumlah uang yang keluar dari transaksi pembelian. Penelitian ini hanya sebatas perencanaan, jadi masih belum berupa aplikasi yang langsung bisa di peraktikan. Kemudian juga dibatasi hanya transaksi-transaksi yang berbasis kas, karena diasumsikan perusahaan dagang kecil tidak melakukan penjualan secara kredit tetapi hanya dengan pembayaran tunai.

Kata Kunci: Contex Diagram, DFD, ERD, Flow Chart, Sistem Informasi

References


Christopel S., Tutut Wurijanto, Teguh Sutanto. 2013. Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Cloud Bagi Usaha Kecil Dan Menengah Di Indonesia (Studi Kasus: Toko “Toko Besar”).Surabaya; Jurnal Sistem Informasi.Vol.2. 52-59.

En, Tan Kwang, Jane Dorothy Sunarko. 2011. Peranan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Untuk Meminimalisasi Piutang Tak Tertagih (Studi Kasus Pada Perusahaan Sepatu ”X”). ; Jurnal Ilmiah Akuntansi. Vol.5.

Hamid, Ainul Faizin Abdul, Bambang Eka Purnama, M.Kom, Indah Uly Wardati, S.Kom.2013.Sistem Informasi Penjualan Produk Unggulan Berbasis Website Pada Dinas Koperasi Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Pacitan.Pacitan;

Imbar, Radiant Victor, Eric Tirta. 2007.Analisa, Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi Penjualan Pelumas Studi Kasus : Perusahaan “PT. Pro Roll International”. Bandung; Jurnal Informatika, Vol. 3,119-149.

Kristanto, Andri. 2008. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Gava Media, Yogyakarta.

Reza, Faruq Muhammad, Kodrat Iman Satoto, And Yuli Christyono. 2013. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Krajan Troso Berbasis Web. Semarang; TRANSIENT. Vol.2. 2302-9927, 529.

Rosyid, Harun Al, Bambang Eka Purnama, Indah Uly Wardati. 2013 . Sistem Informasi Penjualan Buku Berbasis Website Pada Toko Buku Standard Book Seller Pacitan. Pacitan; Indonesian Journal On Networking And Security. Vol. 2302-5700.

Sari, Yunita Purnama, Sukadi. 2013. Sistem Informasi Persuratan Pada Dinas PendidikanKabupaten Pacitan Berbasis Web. Pacitan; Indonesian Journal On Networking And Security. Vol. 2302-5700

Supardi. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.




DOI: https://doi.org/10.32528/jiai.v2i1.1424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JIAI (Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats