PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI TAHUN 2018-2020)

Sulaiman Sarmo, I Dewa Gde Bisma, Muhdin Muhdin

Abstract


Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh profitabilitas terhadap Nilai perusahaan dengan CSR sebagai variable moderasi. Adapun keterbaruan dalam penelitian ini adalah dalam penelitian-penelitian sebelumnya, lebih banyak meneliti mengenai pengaruh variabel terhadap return on asset. Sementara dalam penelitian ini menguji pengaruh profitabilitas terhadap nilai dan ada variable moderasinya dan tahun penelitian dilaksanakan saat masa pandemic. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Data kuantitatif dalam penelitian ini yakni data laporan keuangan dan tahunan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2018-2020 dalam bentuk dokumentasi atau data sekunder. Dalam penelitian ini, data yang digunakan adalah laporan keuangan dan tahunan perusahaan. Data-data ini diperoleh peneliti dari www.idx.co.id dan www.sahamok.com. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia dengan waktu penelitian yang berkisar dari tahun 2018-2020. Dimana jenis metode pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yang disesuaikan berdasarkan kriteria-kriteria yang berjumlah 114 sampel. Analisis data dilakukan menggunakan statistic deskriptif. Analisis data dilakukan dengan berapa tahap yaitu menguji asumsi klasik. Uji asumsi klasik yang dilakukan yaitu: Uji normalitas, uji multikolonearitas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas. Selanjutnya dilakukan analisis data menggunakan teknik regresi berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel–variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan CSR mampu menjadi variable moderasi dari profitabilitas dan nilai perusahaan.  Olehkarena itu penelitian ini memberikan implikasi jika perusahaan meningkatkan nilainya, maka harus memperhatikan CSR karena sangat diperlukan oleh para stakeholder dimasa pandemic

Keywords


Profitabilitas, Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan

References


Agustina, S. (2013). Pengaruh Profitabilitas Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. 55.

Bawafi, M. H., & Prasetyo, A. (2015). Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 721–730.

Darmawan, A., Putragita, Y., Purnadi, P., & Sunardi, S. (2020). Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi Dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Kontrol. Balance : Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 5(1), 83. Https://Doi.Org/10.32502/Jab.V5i1.2461

Deriyarso, I. (2014). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang, 11(2), 3–12.

Itsnaini, H. M., & Subardjo, A. (2017). Itsnaini, H. M., & Subardjo, A. (2017). Pengaruh Profitabilitas Dan Solvabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Yang Dimoderasi Corporate Social Responsibility. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6(6), 1–16.Pengaruh Profitabilitas Dan Solvabilitas Terhadap Nilai. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6(6), 1–16.

Laksmi Dewi, N. M., & Dharma Suputra, I. D. G. (2019). Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Pada Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 28, 26. Https://Doi.Org/10.24843/Eja.2019.V28.I01.P02

Miladeny, N. N. M., & Damayanthi, I. G. E. A. (2021). Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi, 31(12), 3231. Https://Doi.Org/10.24843/Eja.2021.V31.I12.P15

Mufidah, N. M., & Purnamasari, P. E. (2018). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating. El Dinar, 6(1), 64. Https://Doi.Org/10.18860/Ed.V6i1.5454

Rajab, M. (2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderating. 210093.

Raningsih, N. K., & Artini, L. G. S. (2018). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia Pendahuluan Manajemen Perusahaan Memiliki Tujuan Utama Yaitu Memaksimalka. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7(8), 1997–2026.

Swara, G. P. G., & Kusumadewi, N. M. W. (2017). Peranan Corporate Social Responsibility Dalam Memoderasi Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(3), 255186.




DOI: https://doi.org/10.32528/jiai.v8i1.13470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JIAI (Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats