Analisa Perancangan dan Pengujian Kendaraan Listrik Roda Dua dengan Variasi Pembebanan

Dwi Djoko Suranto, Saiful Anwar, Mochammad Nuruddin, Ahmad Rofi'i, Alex Taufiqurrohman Zain

Abstract


Kendaraan listrik memiliki prospek yang menjanjikan untuk dikembangkan. Kendaraan listrik tipe Battery Electric Vehicle (BEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dapat menjadi solusi terkait ketergantungan terhadap sumber energi fosil serta emisi gas buang. Khusus untuk tipe BEV, perkembangan di Indonesia sudah pesat. Tahapan metode penelitian ini, dimulai dengan menentukan mitra kerja sama dari dunia usaha dan industri. Berikutnya adalah merancang, dan memperhitungkan desain prototype kendaraan listrik roda dua. Desain prototype selanjutnya diwujudkan melalui pabrikasi komponen rangka dan body di PT. Manufactur Dynamic Indonesia sebagai mitra. Kendaraan listrik roda dua yang akan dikembangkan akan dilengkapi dengan sistem kendali motor listrik. Selanjutnya, pengujian dengan memberikan variasi pembebanan dilakukan pada penelitian ini. Hal ini dilakukan untuk mengetahui performa kendaraan listrik dan baterai yang digunakan. Sepeda motor listrik yang telah berhasil dirancang dan dikembangkan menggunakan penggerak motor listrik tipe BLDC 1 Kw. Dengan dilengkapi dengan beberapa komponen, meliputi: Baterai Lithium ion 18650 yang dirangkai seri paralel; Controller untuk motor listrik; Handle gas; Display indicator; Lampu penerangan dan lampu indikator; Handle rem dengan switch. Dengan beban driver yang paling ringan (50 kg), didapatkan jarak tempuh yang paling jauh 17 km dan waktu tempuh yang paling lama pula yakni 47 menit. Beban driver 55 kg, didapatkan jarak tempuh 15,94 km dan waktu tempuh 38 menit. Sedangkan untuk beban driver 60 kg adalah 12,71 km dan 37 menit. Dengan jarak tempuh paling jauh dan waktu tempuh yang paling lama, pengujian dengan beban driver 50 kg juga memiliki penurunan tegangan baterai yang paling besar, yakni 3,6 Volt. Sedangkan pada pengujian beban driver 55 kg dan 60 kg adalah 3,3 Volt dan 3,15 Volt.


Keywords


battery electric vehicle; desain kendaraan; sistem kendali; monitoring; prototype

References


EV growth around the world. https://www.iea.org/reports/global-ev-outlook-2019

Nikowitz, Michael.. Advanced Hybrid and Electric Vehicles-System Optimization and Vehicle Integration. Switzerland: Springer International Publishing. 2016

Presiden Republik Indonesia. Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019. Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. 2017. Rencana Induk Riset Nasional Tahun 2017-2045. Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

M. Thowil Afif and I. Ayu Putri Pratiwi. 2015. Analisis Perbandingan Baterai LithiumIon, Lithium-Polymer, Lead Acid dan Nickel-Metal Hydride pada Penggunaan Mobil Listrik - Review. J. Rekayasa Mesin, vol. 6, no. 2, pp. 95–99, 2015, doi: 10.21776/ub.jrm.2015.006.02.1..

J M. Otong. 2019. Perancangan Modular Baterai Lithium Ion (Li-Ion) untuk Beban Lampu LED. Setrum Sist. Kendali-Tenagaelektronika telekomunikasikomputer. Vol. 8, no. 2, p. 260. doi: 10.36055/setrum.v8i2.6808.

T. P. Cahyono, T. Hardianto, and B. S. Kaloko. Pengujian Karakteristik Baterai Lithium-Ion Dengan Metode Fuzzy dengan Beban Bervariasi. J. Arus Elektro …, 2020, [Online Available: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/EJAEI/article/view/19708.

I. Susanti, R. Rumiasih, C. RS, A. Firmansyah. 2019. Pengisian Pada Mobil Listrik. Elektra, vol. 4, no. 2, pp. 29–37

H. Putra, S. Jie, and A. Djohar. 2018. Perancangan Sepeda Listrik dengan Menggunakan Motor DC Seri.

Firman, M., Hasbi, M., & Latif, H. 2016. Rancang Bangun Sepeda Listrik dengan Tenaga Surya Sebagai Kendaraan Alternatif dan Ramah Lingkungan untuk Masyarakat. AL ULUM JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI, 1(2).

Arman, A., Dullah, M. J., & Muhammad, A. K. Perancangan Sepeda Listrik Menggunakan Motor BLDC dengan Penggerak Depan untuk Area 2020 In Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M) (pp. 90-96)

Wiguna, dkk. 2021. Rancang Bangun dan Pengujian Battery Pack Lithium Ion. Electrices. 03. (1), 28-33

Silvana, Anastaya Fitri. 2019. Pengaruh Proses Pengosongan (Discharging) Terhadap Kapasitas Dan Efisiensi Baterai 110 VDC Di Gardu Induk Sungai Kedukan Palembang. Palembang: Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Elektro. Universitas Sriwijaya

Y. C. Wibowo dan R. Slamet. Analisa Pembebanan pada Motor Brushless DC (BLDC). Seminar Nasional Instrumentasi, Kontrol dan Otomasi (SNIKO) 2018. Bandung Indonesia.

Subekti, Ridwan Arif, dkk. 2014. Peluang dan Tantangan Pengembangan Mobil Listrik Nasional. Jakarta: LIPI Press




DOI: https://doi.org/10.32528/jp.v7i2.8927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 J-Proteksion: Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats