ANALISIS PRESTASI KERJA MESIN MENGGUNAKAN CAMPURAN BAHAN BAKAR BENSIN PERTAMAX DAN METHANOL (CH3OH) PADA MOTOR BAKAR BENSIN 4 LANGKAH

Beni Pamuji Lestar, Nely Ana Mufarida, Andik Irawan

Abstract


Dengan meningkatnya perkembangan sektor transportasi darat yang pesat, maka pemanfaatan dan peningkatan kualitas minyak bumi terus menerus dilakukan. Perbaikan kualitas bahan bakar dilakukan bermacam-macam cara, antara lain dengan penambahan zat aditif, meliputi : TEL (Tetra Ethyl Lead), TML (Tertra Methyl Lead), MMT (Methilcyclopentadienyl Manganese Tricarbonyl). Penambahan aditif ini diharapkan dapat menaikkan nilai oktan, salah satu contohnya adalah bahan bakar bensin pertamax yang mempunyai nilai oktan 91,5 didapat dari hasil pencampuran bensin premium dengan MTBE (Methyl Tertiary Buthyl Ether) sebanyak 10%. Selain itu dapat juga ditambahkan hidro karbon ringan. Penambahan atau pencampuran bahan bakar murni dengan hidro karbon lebih dirasakan aman bagi lingkungan, beda halnya dengan penggunaan zat aditif diatas yang mempunyai kadar timbal (Pb) dan juga mangan. Pada penelitian ini penulis mencoba mencampur bahan bakar bensin pertamax murni 100% dengan senyawa hidro karbon yaitu methanol (CH3OH), penelitian ini dilakukan dengan membandingkan bahan bakar bensin murni (pertamax) dengan berbagai campuran methanol yaitu 5% sampai 25% methanol dengan range 5% terhadap prestasi mesinnya. Dalam melakukan penelitian ini posisi throttle terbuka penuh, kemudian menetapkan variasi putaran mesin yang berubah-ubah (dari 1000 rpm s/d 70000 rpm), sehingga didapatkan sebuah data untuk mengetahui prestasi mesin. Dari hasil pengujian emisi gas Buang Karbon Monoksida (CO) dan Hidrokarbon (HC) rata-rata tertinggi pada rpm rendah (1000 rpm) dan penambahan methanol dapat mengurangi kadar CO pada rpm tinggi (4000 - 7000 rpm) dengan kadar CO tertinggi 6,66% dan terendah 0,08%, untuk HC tertinggi 759 ppm dan terendah 29 ppm. Torsi dan daya tertinggi diperoleh pada variasi pertamax 75% : 25% methanol, sehingga penambahan methanol bisa meningkatkan torsi dan daya. Penggunaan methanol untuk campuran bahan bakar, meskipun bisa menurunkan kadar CO dan HC, tapi untuk adanya methanol berakibat turunnya daya dan torsi.


Keywords


bensin pertamax; methanol; prestasi mesin

Full Text:

PDF

References


Astra International Honda Sales Operation (t.t,) Pedoman Reparasi Honda Megapro, Jakarta, PT. Astra International HSO.

Cengel, Yunus A. and M.A. Boles. 2006. Thermodynamics AnEngineeringAp proach. New York: McGraw-Hill, Inc

Diesta Dwi Handoko, 2009. Analisis Prestasi Kerja Mesin Menggumakan Campuran Bahan Bakar Bensin Pertamax Dan Methanol (CH3OH) Pada Motor Bakar Bensin TOYOTA 1300CC.

Heywood, John. 1988. Internal Combustion Engines Fundamentals. New York : Mc Graw Hill.

Lemigas. 1987. Pengaruh Bahan Campuran Methanol dan TBA TerhadapSifat- Sifat Volatilitas Bensin Campuran.Jakarta : Pusat Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi.

Nita Pujiastuti, 2006. Buku Panduan Pendidikan Fisika Kelas X Semester 1 & 2. Pratama PUSTAKA.

Rahmad Nur Hidayat, Wahyu. 2012. Motor Bensin Modern. Jakarta: Rineka Cipta

Usman, Robingu. Sardjijo, 1978, Motor Bakar 3, Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Yawaki Kiyaku dan DM. Murdhana. 1998. Cara Praktis Merawat Sepeda Motor. Bandung: Pustaka Setia.




DOI: https://doi.org/10.32528/jp.v3i1.2277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 J-Proteksion

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats