PENGARUH CAMPURAN MINYAK PLASTIK LOW DENSITY POLYETHYLINE (LDPE) DENGAN VARIASI BAHAN BAKAR TERHADAP PERFORMA GAS BUANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah minyak plastik dapat digunakan sebagai bahan bakar alternative dan juga mengetahui pengaruh campuran minyak plastik denagan premium, pertalite dan juga pertamax terhadap performa emisi gas buang. Penelitian ini untuk mengetahui kadar emisi gas buang HC dan CO dengan mengunakan gas analyzer. Hasil penelitian ini di ketahui premium yang di campurkan minyak plastik 10 % mengalami penurunan sebesar 606 ppm HC dan CO mengalami penurunan sebesar 1,24%, untuk yang campuran 15% mengalami penurunan HC sebesar 701 ppm dan CO sebesar 1,3 % dari premium murni yang di uji. Denagan bahan bakar jenis pertalite denagn komposisi 10% minyak plastik gas HC mengalami penurunan sebesar 408 ppm dan CO sebesar 0,97 % , untuk komposisi 15 % mengalami penurunan gas HC sebesar 915ppm dan gas CO mengalami penurunan sebesar 3,04 % dari pertalite murni yang di uji. Untuk bahan bakar pertamax yang di campur 10% minyak plastik gas HC menurun sebesar 139 ppm untuk CO sebesar 0,33% dan campuran 15% menurun sebesar 398 ppm pada gas HC 0,93% pada gas CO dari pertamax yang di uji.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprian Ramadhan P. dan Munawar Ali pengolahan sampah plastik menjadi minyak menggunakan proses pirolisis jurnal vol. 4 no 44.
Kabib, Masruki. 2009. Pengaruh Pemakaian Campuran Premium Dengan Champhor Terhadap Performasi Dan Emisi Gas Buang Mesin Bensin Toyota Kijang Seri 4K. Jurnal Sains dan Teknologi. 2/2 1-17.
Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 05 Tahun 2006. Tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Lama.
PT. PERTAMINA. 2007a. Material Safety Data Sheet Pertamax. Jakarta. https://safetyrudi.files.word press.com/2010/02/03pertamax.pdf, Sabtu, 18 November 2017.
PT. PERTAMINA. 2007b. Material Safety Data Sheet Premium. Jakarta. https://safetyrudi.files.word press.com/2010/02/04premium.pdf, Sabtu, 18 November 2017.
Ramelan. 2011. Teori Motor Bensin dan Motor Diesel. Semarang : Universitas Negeri Semarang
Suyanto, Wardan. 1989. Teori Motor Bensin. Jakarta: P2LPT.
DOI: https://doi.org/10.32528/jp.v2i2.2228
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 J-Proteksion
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats