PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT DI PT. KERETA API INDONESIA DAOP 9 JEMBER

Laili Qomariyah

Abstract


Persepsi dukungan organisasi merupakan hasil interpretasi karyawan
terhadap dukungan yang diberikan perusahaan kepada karyawan sesuai kebutuhan
dengan harapan karyawan dapat bekerja secara optimal dan memiliki keterikatan
kepada perusahaan, pekerjaan, dan manajernya (employee engagement). Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh persepsi dukungan
organisasi terhadap employee engagement. Hipotesis dalam penelitian ini adalah
ada pengaruh persepsi dukungan organisasi terhadap employee engagement.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif asosiatif, dengan
menggunakan teknik simple random sampling dalam pengambilan sampel.
Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 263 karyawan dan sampel pada
penelitian ini sebanyak 158 karyawan, populasi dan sampel yang digunakan
adalah karyawan yang berada di seluruh unit yang ada di PT. Kereta Api
Indonesia DAOP 9 Jember. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan skala persepsi dukungan organisasi dan skala employee
engagement, dengan menggunakan teknik analisa data yang digunakan adalah
regresi sederhana.
Hasil analisa menunjukkan bahwa ada pengaruh antara persepsi dukungan
organisasi dengan employee engagement, yang ditunjukkan dengan nilai koefisien
korelasi (rxy) sebesar 0,236. Dukungan organisasi dipersepsi secara positif sebesar
66,5% dan 33,5% dukungan organisasi dipersepsi secara negatif oleh karyawan.
Tingkat employee engagement yang dimiliki karyawan adalah memiliki tingkat
employee engagement tinggi sebesar 24,7%, employee engagement sedang sebesar
51,9%, dan employee engagement rendah sebesar 23,4%.

References


Azwar, S. (2006). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

_________ (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Branham, L. & Hirschfeld, M. (2010). Re-Engage. United State of Amerika: Mc

Graw-Hill.

Endres, G.M dan Smoak, L.M. (2008). The Human Resource Craze: Human

Improvement And Employee Engagement. Organization Development

Journal, Vol.26, No. 1.

Hadi, C. dkk. (2010). Psikologi Eksperimen. Surabaya: Universitas Airlangga.

Ram, P. (2011). The role of employee engagement in work-related outcomes. Interdisciplinary Journal of Research in Business, 3, 47-61.

Rhoades, L & Eisenberg, R. (2002). Perceived Organizational Support : A Review of The Literature. Journal of Applied Psychological Vol.87, No. 4,

-714.

Robbins, S. P. (2002). Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi, edisi ke 5.

Penerjemah : Sartika D. dan Halidah. Jakarta : Erlangga.

Robinson D. et. al. (2004). The Drivers of Employee Engagement. IES Report 408. ISBN 1 85184 336.

Trihendradi. C. (2010). Step by Step SPSS 18. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Saks, A. M. (2006). Anteceden and Consequence of Employee Engagement. Journal of Managerial Psychology, 21, 600 – 619.

Yusi, S. & Umiyati, I. (2009). Metodologi Penelitian Ilmu Sosial : Pendekatan Kuantitatif. Penerbit: Citra Books Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.32528/ins.v9i1.278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 INSIGHT



View My Stats