Lansia “Successful Aging; (Upaya Mewujudkan Lansia Yang Sehat Secara Fisik, Psikis, Sosial Dan Finansial)

Veni Fatmawati, Annisa Warastri, Agil Dhiemitra Aulia Dewi

Abstract


Mitra kegiatan PKM ini adalah Padukuhan Pringgading dan padukuhan Bungsing. Kedua mitra ini berada di Desa Guwosari Pajangan Bantul Yogyakarta. Permasalahan yang dihadapi kedua mitra relatif sama, yaitu, sama-sama belum memiliki kegiatan yang dikhususkan buat lansia. Baik kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada kesehatan fisik, psikis maupun sosial lansia. Kegiatan-kegiatan ini penting diberikan kepada lansia, karena pada dasarnya setiap lansia ingin menggapai successful aging. Suatu kondisi dimana lansia masih dapat memenuhi kebutuhan fisik, psikis, sosial dan finansial.

Tujuan dari program PKM ini adalah untuk membantu lansia guna mencapai successful aging yang diinginkan menjadi lansia yang sehat secara fisik, psikis, sosial dan finansialnya sehingga lansia bisa menikmati sisa-sisa kehidupannya dengan penuh kebahagiaan tanpa tekanan. Adapun metode yang akan diberikan adalah: (a) Membuat paguyuban lansia successful aging”, (b) Merancang kegiatan-kegiatan yang dapat memenuhi kebutuhan fisik, kebutuhan psikologis, kebutuhan sosial dan kebutuhan finansial lansia.

Berdasarkan Hasil evaluasi terhadap kegiatan PKM yang sudah berjalan, dapat diketahui bahwa ada perubahan pada diri lansia yang ada di kedua mitra. Perubahan tersebut dapat terlihat dari pola hidup sehat yang sudah berhasil lansia tunjukkan. Mulai dari: 1) Menu makan sudah disesuaikan dengan kondisi kesehatan lansia, 2) Membiasakan cuci tangan setelah beraktifitas, 3) Rutin mengikuti kegiatan PKM (cek kesehatan, jalan sehat, senam dan lain sebagainya).

Keywords


successful aging; sehat; fisik; psikis; sosial; finansial

References


Hidayah, Nur (2013) Stress Pada Lansia Menjadi Faktor Penyebab Dan Akibat Terjadinya Penyakit. http://journal.unusa.ac.id/index.php/jhs/article/view/21

Mardiana, Yanih dan Zelfino (2014) hubungan antara tingkat stres lansia dan kejadian hipertensi pada lansia di rw 01 kunciran tangerang. Forum Ilmiah, Volume 11 Nomor 2, Mei 2014

Maria, Margaretha Shinta Pratiwi (2013) Stress pada lansia. PSYCHO IDEA, Tahun 11 No.1, Februari 2013.




DOI: https://doi.org/10.32528/emp.v2i0.1387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats