SANTRI BERDIKARI: SEBUAH UPAYA MEWUJUDKAN SANTRI YANG SEHAT DAN MANDIRI

Veni Fatmawati, Tri Winarsih, Yayuk Setyowati

Abstract


Mitra kegiatan PKM ini adalah Pondok Pesantren PUTRI Al Imdad Kauman Wijirejo Pandak Kabupaten Bantul. Tujuan dari program PKM ini adalah  untuk membantu mitra dalam  mewujudkan santri yang sehat dan mandiri.

Oleh karena itu, solusi yang diberikan adalah: (1) Memberikan penyuluhan dan edukasi tentang pola hidup sehat kepada santri (2) Melakukan asesmen untuk mengidentifikasi minat dan bakat santri, (3) Memberikan pelatihan membuat kerajinan tangan (handmade) (4) Memberikan pelatihan marketing online kepada santri agar bisa memasarkan produk yang dihasilkan, (5) Mengajarkan kewirausahaan (entrepreneurship) kepada santri, (6) Memberikan pelatihan pembukuan kepada santri., (7) Mengajak santri berkunjung ke pusat-pusat industri kerajinan tangan. Berdasarkan Hasil evaluasi menunjukkan bahwa adanya antuisme santri dalam mengikuti setiap rangkaian program kegiatan yang TIM berikan. Antusiame ini menunjukkan bahwa adanya dorongan yang kuat dari dalam diri santri untuk menjadi sehat dan belajar mandiri.

Keywords


santri, berdikari, sehat, mandiri

Full Text:

PDF

References


Faiz, Muhamamd Mabruri (2016) Sistem Informasi Penelusuran Minat Pekerjaan Dengan Tes The Rothwell Miller Interest Blank (RMIB). Program Studi Informatika Fakultas Komunikasi Dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/41389/14/publikasi.pdf

Rantina, Mahyumi (2015). Peningkatan Kemandirian Melalui Kegiatan Pembelajaran Practical Life (Penelitian Tindakan Di TK B Negeri Pembina Kabupaten Lima Puluh Kota,Tahun 2015). Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 9 Edisi 2, November 2015.

Suryanto (2011) Peranan Pola Hidup Sehat Terhadap Kebugaran Jasmani. Artikel. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131808680/penelitian/5.+Peranan+Pola+Hidup+Sehat+Terhadap+Kebugaran+Jasmani+(+Medikora,+Oktober+2011+).pdf. Diakses 16 april 2018.




DOI: https://doi.org/10.32528/emp.v3i0.2438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats