Pengadaan Air Bersih Dengan Pemanfaatan Teknologi Tenaga Gravitasi Di Dusun Pelan Kerep Desa Sumberkare Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo

Yustina Suhandini Tjahjaningsih, Sri Andayani, Aries Budi Wijayanto

Abstract


Dusun Pelan Kerep Desa Sumberkare Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo Jawa Timur memiliki struktur tanah berbatu sehingga sulit mendapatkan sumber air tanah. Sehari-hari, masyarakat memanfaatkan air sungai yang mengaliri dusun tersebut atau membuat galian-galian di tanah sekitar sungai sebagai wadah resapan dari air sungai. Namun, kondisi air sungai sangat tidak layak untuk digunakan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Airnya hijau, kotor, dan cenderung berbau karena sungai ini menjadi sungai aliran buangan limbah dan kotoran dari desa-desa sebelumnya. Pelayanan air bersih dari BPBD tidak menjangkau Dusun Pelan Kerep karena letaknya yang cukup jauh dari tandon penampungan dan lokasinya yang menanjak. Kemiskinan membuat masyarakat tidak mampu membiayai pengadaan tandon dan pipanisasi. Warga terpaksa memanfaatkan air yang tidak layak tersebut baik secara langsung atau menampung pada timba dan jerigen untuk keperluan MCK, memasak, air minum, dan lain-lain.  Secara umum warga tidak memiliki sarana MCK di rumah. Kondisi ini membuat rendahnya kualitas kesehatan warga. Solusi permasalahan tersebut adalah pengadaan lima tandon dan pipanisasi dengan menggunakan teknologi tenaga gravitasi, yang mengalirkan air bersih dari BPBD ke pemukiman warga sejauh 827 meter. Teknologi ini memiliki berbagai kelebihan baik secara aspek ekonomi, budaya, dan kesehatan. Dengan terpenuhinya kebutuhan sekitar 65 KK atau ± 390 Jiwa akan air bersih, diharapkan menjadikan kualitas hidup masyarakat juga semakin meningkat.

Keywords


Dusun Pelan Kerep, Pengadaan Air, Teknologi Tenaga Gravitasi

Full Text:

PDF

References


Kaunang, C.D., dkk. 2015. Mengembangkan Sistem Penyediaan Air Bersih di Desa Maliambo Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Sipil Statik, Vol.3 No. 6 (361-372), ISSN 2337-6732.

Makanimby F.A, dkk. Perencanaan Sistem Penyediaan Air Bersih di Desa Soyowan Kecamatan Ratatotok Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Teknik Sipil, vol. 5 no. 1 hal. 31-40, ISSN 2337-6732.

Tuames, dkk, 2015. Perencanaan Teknik Jaringan Perpipaan Air Bersih dengan sistem Pengaliran Pompa di Desa Susulaku Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara, Jurnal Teknik Sipil Vo. IV, No. 1.




DOI: https://doi.org/10.32528/emp.v3i0.2397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats