PENGOLAHAN LIMBAH ASAP HASIL PEMBAKARAN ARANG BATOK KELAPA MENJADI LIQUID SMOKE UNTUK BAHAN PENGAWET ALAMI IKAN ASAP DI KOTA PROBOLINGGO

Linda Kurnia Supraptiningsih

Abstract


Kegiatan ini ditujukan kepada mitra yang bergerak di bidang ekonomi produktif di wilayah Kota Probolinggo. Mitra yang dimaksud adalah UMKM Persada yang beralamat di Kelurahan Sumber Wetan Kecamatan Kedupok Kota Probolinggo. UMKM Persada bergerak di bidang produksi arang dari batok kelapa. Belakangan usaha ini mendapat protes keras dari warga sekitar mengenai dampak dari asap yang dihasilkan pada saat proses produksi arang yang mneyebabkan polusi udara. Selain itu jangkauan pasar yang kurang luas dan kurang inovatifnya produk yang dihasilkan menyebakan pendapatan per bulan relatif tetap bahkan menurun jika dilihat dari naiknya TDL (Tarif Dasar Listrik) dan bahan-bahan pokok.

Melihat situasi ini, salah satu upaya untuk membantu menyelesaikan permasalahan mitra adalah merancang dan membuat mesin pirolisis asap cair (liquid smoke) agar selain mengurangi jumlah asap yang dihasilkan pada saat proses pembakaran arang berlangsung juga membantu mitra menciptakan suatu jenis produk baru yaitu liquid smoke sehingga akan menambah pendapatan mitra per bulannya. Solusi selanjutnya yang perlu ditambahkan adalah dengan membuatkan akun marketplace Bukalapak untuk menambah jangkauan pemasaran. Target luaran wajib program ini adalah satu artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal nasional ber-ISSN, satu artikel pada media masa nasional elektronik Kompasiana, serta video kegiatan pengabdian di laman Youtube. Sedangkan target luaran tambahan adalah mesin pirolisis liquid smoke serta peningkatan pengetahuan dan keterampilan mitra.

Full Text:

PDF

References


Riyadi, H. Nur, Rohula Utami. 2009. Potensi Asap Cair Tempurung Kelapa Sebagai Alternatif Pengganti Hidrogen Peroksida (H2o2) dalam Pengawetan Ikan Tongkol (Euthynnus affinis). Jurnal Teknologi Hasil Pertanian. II(2).

Dinas perikanan kabupaten Buleleng. https://bulelengkab.go.id/detail/artikel/cara-pengawetan-ikan-dan-pengolahan-ikan-yang-baik-14. (Diakses 08 September 2019).

Suroso, Edi, dkk. 2018. Pengasapan Ikan Kembung menggunakan Asap Cair dari Kayu Karet Hasil Redestilasi. JHPI. 21(1).

Festival Ikan Asap di Probolinggo Raih Rekor MURI https ://www.viva.co.id/berita/nasional/1177458-festival-ikan-asap-di-probolinggo-raih-rekor-muri. (Diakses 08 September 2019).

Simon R, de la Calle B, Palme S, Meier D, Anklam E. 2005. Composition and analysis of liquid smoke flavoring primary products. Journal of Separation Science. 28:871-882.

Junianto. 2003. Teknik Penanganan Ikan. Jakarta: Penebar Swadaya.

Darmadji, P. 2002. Optimasi Pemurnian Asap Cair dengan Metode Redistilasi. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan 8(3): 267-171.

Ghazali, Rofi Rifki, dkk. 2014. Analisa Tingkat Keamanan Ikan Manyung (Arius Thalassinus) Asap yang Diolah dengan Metode Pengasapan Berbeda. Jurnal Pengolahan dan Bioteknologi Hasil Perikanan. 4(3): 31-38.




DOI: https://doi.org/10.32528/emp.v4i0.3689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats