ASESSMEN DAN TREATMENT SISWA HIPERAKTIF KB-TK AL BAROKAH MOJOSONGO

Patria Mukti, Sujoko Sujoko, Endang Widyastuti

Abstract


Mitra kegiatan PKM ini adalah KB-TK Al Barokah. Kedua mitra ini berada di Mojosongo Surakarta. Permasalahan yang dihadapi mitra yaitu, belum memiliki kemampuan dalam melakukan deteksi dini dan penanganan serta belum memiliki model pembelajaran yang mampu memfasilitasi kebutuhan belajar anak hiperaktif. Tujuan dari program PKM ini adalah untuk membantu mitra dalam memberikan asesmen anak hiperaktif dan mengembangkan model pembelajaran yang tepat untuk anak hiperaktif. Solusi yang diberikan adalah: (a) Memberikan edukasi cara screening deteksi dini anak hiperaktif, (b) Membantu memberikan edukasi treatment untuk anak hiperaktif khususnya dalam kegiatan belajar mengajar.

Setelah diberikan edukasi tentang ADHD, tentang ciri dan karakteristinya serta bagaimana melakukan deteksi dini terhadap ADHD, guru-guru yang ada di KB TK Al Barokah kini sudah memiliki pemahaman yang baik tentang anak ADHD dan sudah mampu melakukan deteksi dini terhadap gangguan ADHD.

Keywords


asesmen, hiperaktif, treatment.

Full Text:

PDF

References


Amin, Rasmi (2012).“Perilaku Hiperaktif dan Upaya Penanganannya”.Diakses darihttp://www.lpmpsulsel.net/v2/index.php?option=com_content&view=article&id=196:hiperaktif&catid=42:widyaiswara&Itemid=206. Pada tanggal 7 Juni 2017 pukul 08.52 WIB.

Karunia, Ana, Ika Yuniar Cahyanti (2016) Pengaruh Psikoedukasi tentang Pengetahuan ADHD terhadap Kemampuan Guru dalam Melakukan Deteksi Dini Masalah ADHD pada Siswa dan Keterampilan Intervensi Kelas. JurnalINSAN Vol. 01 No. 01, Juni 2016

Melinda Hospital. 2013. Anak Hiperaktif Penyebab dan Cara Mengatasinya. http://www.melindahospital.com/modul/user/detail_artikel.php?id=1001_Anak-Hiperaktif:-Penyebab-dan-Cara-Mengatasinya

Tri, Ayu Anjani, Najlatun Naqiyah, Sutijono, Hermien Laksmiwati (2013) Studi Kasus Tentang Konsentrasi Belajar Pada Anak Adhd (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) Di Sdit At-Taqwa Surabaya Dan Sdn V Babatan Surabaya .Jurnal BK UNESA, Volume 1 Edisi 2, 125-135

Wiguna, T (2007) Gejala, Latar Belakang Permasalahan dan Kebutuhan Anak Dengan Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas (GPPH) Dan Gangguan Spejtrum Autistik. Makalah Pada Simposium Sehari Kesehatan Jiwa Dalam Rangka menyambut Hari Kesehatan Sedunia, (online). www.idijakbar.com




DOI: https://doi.org/10.32528/emp.v3i0.2447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats