PELATIHAN PENINGKATAN KEKUATAN KARATER (VIRTUE) SEBAGAI DASAR PERENCANAAN KARIR SISWA SMA MUHAMMADIYAH KABUPATEN JEMBER

Siti Nur’Aini, Ilham Saifudin, Januariya Laili

Abstract


Perkembangan karir pada siswa SMA merupakan tahapan eksplorasi, siswa mencari proses informasi apa yang menjadi tujuan karir dan masa siswa mempersiapkan karirnya, namun masih banyak siswa yang mengalami kebingungan dan belum memahami kemana akan melanjutkan pendidikan selanjutnya, serta masih mengalami kebingungan dalam mengambil keputusan jurusan yang akan dipilih. Kekuatan karakter merupakan unsur psikologi yang membentuk virtue dan menjadi pusat kesejahteraan individu. Kegiatan yang dilaksanakan berupa kegiatan pelatihan untuk membantu siswa mendapatkan gambaran tentang tantangan masa depan yang berada di era VUCA, dan siswa diberikan latihan untuk dapat mengidentifikasi kekuatan karakternya, sehingga siswa memiliki informasi terkait dengan potensi pribadinya dan membantu siswa untuk belajar mengambil keputusan dalam perencanaan karirnya dalam memilih pendidikan yang lebih tinggi. Hasil dari pretest dan postest kegiatan ini menunjukkan bahwa ada peningkatan pengetahuan siswa dari awal sebelum mengikuti pelatihan dan sebelum pelatihan, hal ini menunjukkan kegiatan pelatihan ini efektif diberikan kepada siswa, dan harapan kegiatan pelatihan ini dapat dilaksanakan secara berkala kepada siswa.

Keywords


kekuatan karakter; perencanaan karir; siswa

Full Text:

PDF

References


Arumsari, C. (2018). Kekuatan karakter dan kebajikan dalam bimbingan dan konseling. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research, 2(1), 1–5

Burke, R. J., Ng, E. S. W., & Fiksenbaum, L. (2009). Virtues, work satisfactions and psychological wellbeing among nurses. International Journal of Workplace Health Management, 2(3), 202– 219.

Compton, W. C., & Hoffman, E. (2013). Positive psychology the science of happiness and flourishing. United States: Wadsworth Cengage Learning.

Compton, W.C. (2005). An introduction to positive psychology. Belmont: Thomson Wadsworth

Littman-Ovadia, H., & Steger, M. F. (2010). Character strengths and well-being among volunteers and employees: Towards an integrative model. Journal of Positive Psychology, 6, 419-430.

Liza, L. O., & Rusandi, M. A. (2016). Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas Xi Ipa Sma. 1, 14–17.

Mitchell, J., Vella-Brodrick, D., & Klein, B. (2010). Positive psychology and the internet: a mental health opportunity. Electronic Journal of Applied Psychology, 6(2), 30-41. Retrieved from: http://dx.doi.org/10.7790/ejap. v6i2.230.

Peterson, C., & Seligman, M. E. P. (2004). Character strengths and virtues: a handbook and classification. New York: Oxford University Press and Washington, DC: American Psychological Association

Sari, K. (2018). Korelasi Motivasi Mahasiswa dalam Mengikuti Perkuliahan Terhadap Perencanaan Karier. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 136. https://doi.org/10.26638/jfk.508.2099




DOI: https://doi.org/10.32528/emp.v6i0.7657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats