PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN ASSESMENT AWAL DAN RUJUKAN LAYANAN DI DALAM DAN LUAR LKSA BAGI PENGELOLA PANTI ASUHAN KH.

Zaenal Abidin, Oman Sukmana, Juli Astutik, Eko Rizqi Purwo Widodo

Abstract


Program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di PA/LKSA KH Mas Mansyur kota Malang ini, dalam bentuk pelatihan dan pendampingan assesment awal dan rujukan layanan di dalam dan luar LKSA. Asessment dan sistem rujukan layanan ini menjadi sangat penting karena sebagai dasar utama dalam menentukan bentuk layanan yang tepat bagi calon anak asuh. Bagi LKSA, assessment dan sistem rujukan ini dilakukan agar pengelola LKSA lebih mudah menentukan layanan bagi anak asuh dan calon anak asuh untuk diasuh di dalam atau luar LKSA. Assessment dan sistem rujukan layanan ini menjadi data utama, yang wajib dimiliki oleh LKSA, karena sejalan dengan satu instrument dasar dalam syarat-syarat akreditasi LKSA yang diselenggarakan oleh Kementerian Sosial RI. Assessment dalam program ini perlu dilakukan secara simultan baik dalam bentuk pelatihan dan pendampingan disesuaikan dengan standar asesement LKSA. Selama ini permasalahan yang dihadapi oleh pengelola LKSA KH Mas Mansyur kota Malang selain belum optimalnya kemampuan assessment dan sistem rujukan untuk semua pengelola hal ini dibuktikan dengan hasil observasi awal tim, menunjukkan hanya dari 12 orang pengelola LKSA tersebut, hanya ada 3 orang saja yang secara umum mampu melakukan asesement dan pengetahuan sistem rujukan utama bagai anak asuh bagi calon maupun assessment lanjutan anak asuh. Bentuk kegiatan ini berupa pelatihan dan asistensi (pendampingan) secara terukur dan simultan tentang (1) pemahaman dasar assessment dan sistem rujukan bagi LKSA, (2) penjelasan serta role play teknik-teknik asessement secara umum dan sesuai dengan pedoman standar LKSA, (3) fasilitasi dan maping potensi serta sistem sumber untuk rujukan layanan bagi anak asuh di LKSA, (4) pendampingan dalam reassessment anak asuh di LKSA KH Mas Mansyur dengan melibatkan pengelola, dengan form-form yang disesuaikan standar LKSA, dan (5) pendampingan pendokumentasi data pendukung asessement dan sistem rujukan layanan anak asuh oleh LKSA. Harapan dari hasil kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan kemampuan bagi pengelola Panti Asuhan KH. Mas Mansyur Kota Malang dalam melakukan asessement dan sistem rujukan layanan bagi anak asuh dan calon anak asuh di dalam dan luar LKSA sesuai dengan kebutuhan, potensi, dan masalah yang dihadapi anak asuh.

Keywords


assessment; sistem rujukan; pendampingan; panti asuhan; LKSA

Full Text:

PDF

References


Isnaini, W., Andriyanto, Rukmantara, A., Budiono, B., Noeswantari, D., Wike, & Abidin, Z. (2020). Tatanan Baru Layanan Kesejahteraan dan Perlindungan Anak di Jawa Timur Policy Brief. Lembaga Perlindungan Anak Tulungagung. Surabaya.

Martin, R. (2010). Transforming Social Work Practice: Social Work Assessment (1 ed.). Exeter: Learning Matters Ltd.

MPS_Jatim. (2021). Update Data Panti Asuhan Muhammadiyah Aisyiyah di Jawa Timur+Bali. Retrieved from Surabaya:

Whittington, C. (2007). Assessment in social work: A guide for learning and teaching. London: Social Care Institute for Excellence.

YSTC. (2020). Membangun dan Mengembangkan Sistem Rujukan. Modul 6. Yayasan Sayangi Tunas Cilik. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32528/emp.v6i0.6867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats