Prototype Alat Pendeteksi Dini Gangguan Fuse Cut Out (FCO) Sistem Kelistrikan PLN Berbasis IoT

M Aan Auliq, Fachrur Rizal Zamroni

Abstract


Listrik pada saat ini menjadi salah satu kebutuhan penting. PT. PLN (Persero) sebagai perusahaan yang bergerak di bidang ketenagalistrikan bertugas untuk melayani pasokan energi listrik. Sebuah sistem keandalan ketenagalistrikan dapat dikatakan handal apabila sistem itu mampu mengatasi gangguan listrik. Pada sebuah jaringan listrik tegangan menengah, beberapa peralatan proteksi yang sering dipasang salah satunya adalah fuse cut out (FCO). Fuse Cut Out (FCO) merupakan merupakan peralatan proteksi yang bekerja apabila terjadi gangguan arus lebih. Tujuannya yaitu untuk mendeteksi dini gangguan fuse cut out putus sehingga dapat mempercepat proses penormalan gangguan, maka dibutuhkan instrumentasi pengukuran untuk memonitoring nilai tegangan, arus, intensitas suara ketika terjadi ledakan pada fuse cut out,  dan mendeteksi lokasi tempat terjadinya gangguan dengan mengetahui titik koordinat longitude dan latitude. Secara garis besar, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumentasi pengukuran dari penelitian sebelumnya. Penelitian ini menggunakan 3 sensor yaitu PZEM-004T, sensor suara, dan GPS. Media perantara pengiriman data IoT dari alat ke Android adalah module GSM SIM800L. Dari hasil uji alat didapatkan hasil pengujian pada empat kondisi dan didapatkan pula error persen pada masing-masing pengukuran sensor yaitu pada pengujian module PZEM-004T didapatkan error persen rata-rata untuk tegangan sebesar 0,25% dan arus sebesar 2,15%, pada pengujian modul GPS didapatkan error persen rata-rata untuk longitude sebesar 0,002% dan latitude sebesar 0,0001%, pada pengujian sensor suara didapatkan error persen rata-rata sebesar 0,81%. 


Keywords


Fuse Cut Out; PZEM-004T; sensor suara; GPS; GSM SIM 800L; IoT

References


Hofuron, Imam. 2018. Analisis Koordinas Kerja PMT (Pemutus Tenaga) Dengan Recloser Akibat Gangguan Ars Hubung Singkat Pada Penyulang Kalibakal-09 PT. PLN (Persero) Area Purwokerto. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Armansyah, Yusmartato. 2019. Pemilihan Fuse Cut Out Untuk Pengaman Transformator Distribusi 400 KVA. ISSN:2598-1099 (Online). Universitas Islam Sumatra Utara.

Faudin, Agus. 2017. Cara mengakses sensor suara menggunakan Arduino Uno. In Arduino Projects Tutorial.

Alfareza, Rexi Kurniawan. 2016. Kendali Pintu Bendungan Air Otomatis Menggunakan Sensor Ultrasonik PING Berbasis Arduino Mega. Thesis. Politeknik Negeri Sriwijaya.

Aggista, Jimmy Lutfi. 2020. Rancang Bangun Sistem Monitoring Daya Menggunakan Sensor PZEM-004T Berbasis Internet Of Things. Thesis. Universitas Negeri Yogyakarta.

Bachtiar, T. 2011. Sensor Suara. Blogspot. http://ilmuteknikpertanian.blogspot.com/p/sensor-suara.html.

Saputra, Chandra Bayu. 2016. Aplikasi RFID Sebagai Identifikasi Pada Prototype Selenoid Valve Berbasis Arduino Uno (ATMEGA328). Thesis. Politeknik Negeri Sriwijaya.




DOI: https://doi.org/10.32528/elkom.v3i2.5569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi (ELKOM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Status


UNMUH

   Publisher :
   UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
   Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java
   Website : www.unmuhjember.ac.id
   Email : kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Editorial Address :
Electrical Engineering
Faculty of Engineering
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java