Rancang Bangun Prototype Flowmeter Air Digital Prabayar Pada PDAM Berbasis Online Mengunakan Arduino Uno

Ahmad Zaenudin, Herry Setyawan, Aji Brahma Nugroho

Abstract


Pemerintah mempunyai cara untuk mengetahui jumlah air bersih yang digunakan warga dengan memasang meteran pada pipa air yang masuk ke rumah-rumah. Selanjutnya, setiap bulan akan ada petugas yang mendatangi rumah penduduk dan mencatat volume air yang digunakan di masing-masing rumah penduduk. Setelah itu, akan dilakukan penghitungan terhadap penggunaan air selama sebulan tersebut dengan mengalikan harga setiap meter kubiknya  menurut ketentuan yang telah ditetapkan berdasarkan tipe pengguna jasa air. Sehingga banyak kekurangan dari sistem manual tersebut yang merugikan warga diantaranya kesalahan pencatatan meter. Namun hal ini menimbulkan permasalahan dalam pencatatan dengan cara seperti itu, bahkan seringkali terjadi kekeliruan. Sering kali data yang digunakan dalam perhitungan tidak sesuai dikarenakan petugas terkadang memperkirakan jumlah pemakaian air pelanggan rata-rata setiap bulannya. Akibatnya, konsumen merasa dirugikan dan hal ini dapat menurunkan tingkat kepercayaan konsumen dan menyebabkan perasaan curiga terhadap penyedia jasa air bersih. Penelitian ini bertujuan membuat sistem pengunaan air yang dapat mengurangi kesalahan yang dilakukan oleh petugas dengan membuat sistem meteran air prabayar berbasis online. Terdapat juga generator air charger powerbank untuk mengatasi apabila terjadi pemadaman listrik maka meteran air tidak padam, meteran tidak padam. Jumlah liter air dapat diukur dengan menggunakan sensor flowmeter, yang kemudian diproses oleh mikrokontroler dan ditampilkan dalam bentuk digital, berupa debit air. Mikrokontroler juga memproses hasil baca dari sensor flowmeter ini kepada modul wifi ESP8266 yang nantinya akan mengirimkan hasil informasi tersebut untuk di rekam secara berkala dan disimpan di web yang sudah terintegrasi oleh signal yang dikirimkan oleh reciver dari modul wifi yang nantinya hasil rekam informasi tersebut mampu diakses oleh server yang kemudian dapat dibaca oleh masing masing user,  hasil pembacaan dapat diakses dimana dan kapan saja yang terkoneksi dengan internet.. Hasil pengujian karakteristik flowmeter didapatkan error 3%.


Keywords


Flowmeter; Prabayar; ESP8266; Online; Generator

References


Azhari, Arif dan Soeharwinto. 2015. Perancangan Sistem Informasi Debit AirBerbasis Arduino UNO. Medan : Universitas Sumatra Utara.

Pradana H.A. 2014.Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Penggunaan Air PDAM Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. Bangka belting : STMIK Atma Luhur.

Guntoro, Helmi, Yoyo Sumantri dan Erik Haritman. 2013. Rancang Bangun Magnetic Door Lock Menggunakan Keypad Dan Solenoid Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Mulyono, Heri dan Imam Gunawan. 2013. Prototype Sistem Pendeteksi Gempa Untuk Rumah/Kantor berbasis Mikrokontroler Menggunakan Sensor MMA7260Q. Padang : STMIK Jayanusa Padang.

Rohman, Fathor. 2009. Prototype Alat Pengukuran Kecepatan Aliran Dan Debit Air (Flowmeter) Dengan Tampilan Digital. Depok : Universitas Gunadarma.

Rafik, Adhila dan Yuniarto. 2014. Aplikasi Smart Card Pada Meteran Air Digital Prabayar berbasis Arduino Mega 2560. Semarang : Universitas Diponegoro.Rahman, Faisal dan Kusworo Adi. 2015. Rancang Bangun Sistem Penghitung Penggunaan Air Prabayar Menggunakan Mikrokontroler PIC16F877A. Semarang : Universitas Diponegoro.

Siswanto, Arif dan A. Samarudin. 2016. Rancang Bangun Prototype Deteksi Emergency Kondisi Pasien Penyakit Jantung Berbasis Sistem Benam. Indramayu : Politeknik Indramayu.

Agustina, Dian Vitta. 2007. Analisa Kinerja Sistem Distribusi Air Bersih PDAM Kecamatan Banyumanik di Perumnas Banyumanik. Semarang : Universitas Dipongoro.

Yulianto, Arga. 2018. Rancang Bangun Alat Penghitung Biaya Pemakaian AirRumah Berbasis Arduino Mega 2560. Lampung : Universitas Lampung.




DOI: https://doi.org/10.32528/elkom.v2i2.3462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi (ELKOM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Status                                                                       Indexing Service

                              

UNMUH

   Publisher :
   UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
   Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java
   Website : www.unmuhjember.ac.id
   Email : kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Editorial Address :
Electrical Engineering
Faculty of Engineering
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 East Java