TEACHER’S INTERACTION PATTERNS IN SOLVING THE PROBLEM OF INEFFECTIVE COMMUNICATION

Hanafi H

Abstract


Penelitian ini bertujuan menjelaskan karakteristik pola interaksi guru yang juga disebut strategi dalam menangani masalah komunikasi yang tidak efektif di kelas EFL SMA. Secara lebih khusus, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pola interaksi guru berupa perilaku verbal dan nonverbal guru dalam memecahkan masalah komunikasi yang tidak efektif, yang terjadi pada saat proses belajar mengajar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif berupa studi kasus, dengan subyek penelitian seorang guru Bahasa Inggris di SMAN 2 Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menangani masalah komunikasi yang tidak efektif di kelas EFL guru menerapkan beberapa pola interaksi secara simultan dalam berbagai bentuk perilaku antara lain modeling, organizing, explaining, verifying, eliciting, providing wait time, dan code switching.

 

Kata-kata kunci: modeling, organizing, explaining, verifying, eliciting, providing wait time, dan code switching, ineffective communication


Full Text:

PDF

References


Allwright, D. & Bailey, K. M.1991. Focus on the Language Classroom: An Introduction to Classroom Research for Language Teachers. Cambridge: Cambridge University Press.

Bogdan, R. C. & Biklen, S. K. 1998. Qualitative Research for Education (3rd Ed.). Needham Heights, MA: Allyn & Bacon.

Lucantoni, P. 2002. Teaching and Assessing Skills in English as a Second Language: Professional Development for Teachers. Cambridge: Cambridge University Press.

Miles, M. B. & Huberman, A. M. 1994. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. (Second Edition) Thousand Oaks, CA: Sage.

Nunan, D. 1991. Language Teaching Methodology. London: Prentice Hall International.

_________. 1999. Second Language Teaching and Learning. Boston, Massachusetts: Heinle & Heinle.

Ur, P. 1996. A Course in Language Teaching: Practice and Theory. Cambridge: Cambridge University Press.

Usadiati, W. 2005. Teacher’s Communication Strategy in Secondary School EFL Class. Unpublished Dissertation. Malang: Post-Graduate Program at State University of Malang.

Willis, J. & Willis, D. (eds.). 1996. Challenge and change in language teaching. Heinemann.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.