Analisis Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) di SMA Negeri 1 Selesai, Provinsi Sumatera Utara
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis e-LKPD berbasis keterampilan proses sains yang layak digunakan pada materi Sistem Ekskresi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Selesai, Provinsi Sumatera Utara pada bulan April 2022. Jenis penelitian ini adalah deskripstif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Tahapan penelitian ini dimulai dengan menganalisis, merancang desain e-LKPD, memvalidasi produk e-LKPD, tanggapan guru dan siswa terhadap e-LKPD. Hasil validasi instrumen e-LKPD melalui angket dengan persentase aspek isi 91,25%, penyajian 85%, dan bahasa 90%. Hasil angket tanggapan positif diperoleh dari guru terhadap e-LKPD berbasis KPS sebesar 98,7% dan tanggapan siswa sebesar 92,3%. Hasil reaksi siswa saat diberi e-LKPD terdapat 49% siswa kagum, 27% senang, 16% bingung, dan 8% biasa saja, dan hasil sikap siswa saat diberi e-LKPD terdapat 53% siswa aktif, 21% cukup, 18% tidak aktif dan 8% sangat aktif. Hasil belajar pretest 56,25 dan postest 78,43. Kesimpulannya adalah perancangan e-LKPD berbasis KPS layak digunakan dalam pembelajaran biologi pada materi Sistem Ekskresi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran untuk kemampuan dalam bidang biologi, terutama KPS siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Astutik, Z., & Nurita, T. (2018). Penerapan lembar kerja peserta didik untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa. E-Journal Pensa, 06(2), 204–207.
Bahri, S., Zulkifli, H., & Madang, K. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Ddidik (LKPD) Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Merancang Produk Difusi Osmosis. (JPB) Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 6(2), 62–69. htpp://ejournal.unsri.ac.id/index.php/fpb
Diani, R.D, Nurhayati, & Suhendi, D. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menulis Cerpen Berbasis Aplikasi Android. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2), 1-13
Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Android dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 18(2), 218–229. https://doi.org/10.21831/jep.v18i2.41224
Fitriasari, D. N. M., & Yuliani. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik-Elektronik (E-LKPD) Berbasis Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 510–522. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p510-522
Karmili, N. K., Mardani, D. M. S., & Sadyana, I. W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD Tahap Lanjutan) Bahasa Jepang Berbasis Standar Proses Kurikulum 2013 Revisi untuk Sekolah Dasar di Bali. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 6(2), 174. https://doi.org/10.23887/jpbj.v6i2.26574
Marsa, Hala, Y., & Taiyeb, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Ilmiah Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VII Peserta Didik SMP Negeri 2 Watampone. Jurnal Sainsmat, V(1), 42–57.
Mulyani, S., & Farida, F. (2019). Pengembangan Lkpd Berorientasi Eksperimen Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 89–102. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.281
Munaji, M., & Setiawahyu, M. I. (2020). Profil Kemampuan Matematika Siswa Smp Di Kota Cirebon Berdasarkan Standar Timss. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 249. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3732
Nurfitra, T., Mamin, R., & Muhiddin, N. H. (2021). Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Guided Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(2), 121–128. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/view/38599
Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD, 6(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151
Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 222.
Tarigan, M.R.M, Purnama, D., Munir, M., & Azwar, E. (2019). Pengaruh Model Active Debate Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Kelas X Madrasah Aliyah Swasta Proyek Univa Medan. Jurnal Biolokus, 2(1), 5.
Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 189.
Zahroh, D. A., & Yuliani. (2021). The development of scientific literacy based E-LKPD to train student’s critical thinking skills in growth and development materials. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605–616.
DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v7i2.8414
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi