Uji Kepraktisan LKPD Berorientasi HOTS Pada Materi Biologi Semester Genap Kelas X di SMA Kristen Rantepao
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kepraktisan LKPD berorientasi HOTS pada materi biologi semester genap kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tahapan implementasi LKPD dilakukan di SMA Kristen Rantepao dengan subjek penelitian yaitu 3 orang guru biologi dan 25 orang peserta didik kelas X. Untuk menguji kepraktisan LKPD ini, instrumen yang digunakan adalah (1) lembar observasi keterlaksanaan LKPD, (2) angket respon guru, dan (3) angket respon peserta didik. Hasil analisis keterlaksanaan LKPD diperoleh skor rata-rata yaitu 4,4. Hasil analisis respon guru menunjukkan nilai rata-rata 4,4. Hasil analisis respon peserta didik menunjukkan nilai rata-rata 4,48 . Ketiga nilai rata-rata yang dihasilkan yang berada pada interval 4≤IO<5 yang berada pada kriteria praktis. Berdasarkan hasil analisis keterlaksanaan LKPD, respon guru dan respon peserta didik yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa LKPD berorientasi HOTS pada materi biologi semester genap kelas X SMA telah memenuhi kriteria praktis.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adnan & Arsyad B. (2018). Beyond effective teaching: Enhancing students’ metacognitive skill through guided inquiry. ICMSTEA 2016: IOP Publishing. doi :10.1088/1742-6596/954/1/012022.
Adnan., U Mulbar., Sugiarti., A. Bahri. (2019). Biology Science Literacy of Junior High School Students in South Sulawesi, Indonesia. Journal of Physics: Conference Series. ICSMTR 2019. IOP Publishing. doi:10.1088/1742-6596/1752/1/012084.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila.
Lestari, Lasmi., Heffi Alberida2., Yosi Laila Rahmi. (2018). Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan. 2 (2): 170-177.
Pawestri, Elok. & Heri Maria Zulfiat. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas II Di SD Muhammadiyah Danunegaran. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 6 (3): 903-913.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Riduwan. (2010). Dasar-Dasar Statistika. Bandung : Alfabeta.
Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jurnal Kreano. 3 (1): 59-72.
Sukardi. (2008). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Yamasari, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT Yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X – ITS, Surabaya 4 Agustus 2010 ISBN No. 979-545-0270-1.
DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v7i2.7775
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi