PERSEPSI DAN SIKAP PESERTA DIDIK SMAN TERHADAP FUNGSI KAWASAN EKOSISTEM MANGROVE DALAM MENDUKUNG EDUEKOWISATA

Hadi Purwanto Purwanto, Agusminarti Agusminarti, Fauzan Azim, Supriyanto Supriyanto

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan sikap peserta didik di SMA Negeri 2 dan 3 Sungai Apit terhadap fungsi kawasan ekosistem mangrove dalam mendukung eduekowisata. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei hingga Agustus 2020. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, wawancara dan observasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 66 peserta didik. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu persepsi dan sikap dengan beberapa indikator. Variabel persepsi {fungsi hutan mangrove secara fisik (77,94%), fungsi hutan mangrove secara biologi (80,15%), fungsi hutan mangrove secara ekonomi (83,24%), fungsi hutan mangrove secara eduekowisata (81,74%)} dan variable sikap {rasa ingin tahu (83,62%), komunikasi (88,26%), peduli lingkungan (86,62%), peduli sosial (87,88%), tanggung jawab (87,69%)}. Dari kedua variable dan sembilan indikator sudah dapat mengambarkan bagaimana persepsi 81% (sedang) dan sikap 86,81% (tinggi) peserta didik di SMA Negeri Sungai Apit.

 


Keywords


Persepsi; Sikap; Ekosistem Mangrove; Eduekowisata

Full Text:

PDF

References


Q. Surayya, “Persepsi Siswa Terhadap Fungsi Hutan Mangrove Karangsong Sebagai Sumber Belajar Geografi (Studi Kasus Siswa Kelas XI SMAN 2 Indramayu),” 2017.

I. Majid, M. H. I. Al Muhdar, F. Rohman, and I. Syamsuri, “Konservasi Hutan Mangrove Di Pesisir Pantai Kota Ternate Terintegrasi Dengan Kurikulum Sekolah,” Bioedukasi Univ. Khairun, vol. 4, no. 2, 2016.

Karimah, “Peran Ekosistem Hutan Mangrove Sebagai Habitat Untuk Organisme Laut,” J. Biol. Trop., vol. 17, no. 2, pp. 51–58, 2017.

M. Silmi and Y. Kusmarni, “Menumbuhkan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Melalui Media Puzzle,” FACTUM J. Sej. dan Pendidik. Sej., vol. 6, no. 2, pp. 230–242, 2017, doi: 10.17509/factum.v6i2.9980.

A. R. Fauzi, Z. Zainuddin, and R. Al Atok, “Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning,” J. Teor. dan Praksis Pembelajaran IPS, vol. 2, no. 2, pp. 79–88, 2017, doi: 10.17977/um022v2i22017p079.

Effendy OU, “Dinamika Komunikasi,” no. 1, pp. 90–95, 2008.

K. Kamaruzzaman, “Analisis Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa,” J. Konseling Gusjigang, vol. 2, no. 2, pp. 202–210, 2016, doi: 10.24176/jkg.v2i2.744.

Y. Lestari, “Penanaman nilai peduli lingkungan dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam,” J. Pendidik. Ke-SD-an, vol. 4, no. 2, pp. 332–337, 2018, doi: http://dx.doi.org/10.30738/trihayu.v4i2.2238.g1502.

M. A. Setiawan, R. Vien, and H. Suryono, “Penerapan Model Analisis Dilema Moral Terhadap Sikap Peduli Sosial Siswa Pada Kompetensi Dasar Menampilkan Sikap Positif Berpancasila Dalam Kehidupan Bermasyarakat,” Paedagogia, vol. 20, no. 1, p. 88, 2017, doi: 10.20961/paedagogia.v20i1.16602.

A. L. Murabbi, “6-Mengembangkan Karakter Tanggungjawab Pada Pembelajar,” vol. 3, pp. 36–54, 2016.

R. Rahayu, “Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa SD,” Psychol. Appl. to Work An Introd. to Ind. Organ. Psychol. Tenth Ed. Paul, vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2016, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Abdah Fajar, (2016). Departemen konservasi sumber daya hutan dan ekosistem. Persepsi masyarakat terhadap hutan mangrove di desa margasari kabupaten lampung timur. 8. 3-5.

Listyana Rohman, (2015). Jurnal Agastya. Persepsi dan Sikap Masyarakat Terhadap Penggalan Jawa dan Penentuan Waktu Pernikahan (Studi kasus desa Jonggrang Kecamatan Barat Kabupaten Magetan). 5. 121-122.

Prianto Eko, (2006). Jurnal Biodiversitas. Keanekaragaman hayati dan struktur ekosistem mangrove dewasa dikawasan pesisir kota dumai Provisni Riau. 7. 327.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v5i2.4007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi