Flipbook Bagian-bagian Darah dan Pembekuan Darah dengan Pengayaan Proses Penyembuhan Luka Sayat

Habibina Habibina, Eko Sri Wahyuni, Wolly Candramila

Abstract


Penggunaan media cetak seperti flipbook dianggap masih memiliki keunggulan dibanding media elektronik terutama pada situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan, misalnya tidak adanya aliran listrik atau rendahnya fasilitas sarana dan prasarana sekolah. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media flipbook untuk membantu proses belajar mengajar dalam Submateri Bagian-bagian Darah dan Pembekuan Darah. Pengayaan media dengan informasi tentang proses penyembuhan luka sayat ditujukan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dan kebermanfaatan media. Dengan menggunakan tiga dari empat tahap dalam model 4D (define, design, develop, dessiminate), produk flipbook yang diperkaya dengan informasi proses penyembuhan luka sayat dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam Submateri Bagian-bagian Darah dan Pembekuan Darah kelas XI SMA.

Keywords


Pengembangan, Flipbook, Submateri Bagian-bagian Darah dan Pembekuan Darah

References


Adriani, N., & Sabeki, A. W. (2018). Tingkat Validasi Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Validity of Android-Based Chemsitry Learning Media. Jurnal Zarah 6(2), 76-80.

Andri, Y., Syamswisna., & Yeni, L. F. (2013). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar Siswa Sistem Gerak Manusia di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 2(6), 1-9.

Anita., Tyowati, S., & Zuldafrial. (2018). Analisis Kualitas Butir Soal Fisika Kelas X Sekolah Menengah Atas. Edukasi: Jurnal Pendidikan 16(1), 35-47.

Ariani, P., Daningsih, E., & Yokhebed. (2017). Kelayakan Media Flipbook Upaya Pencegahan Pencemaran Udara Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 6(1), 1-11.

Arroida, A. K. (2018). Analisis Buku Teks Pelajaran Matematika Wajib Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika 7(3), 1-13.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Ferazona, S. (2017). Analisis Kesesuaian Materi Instrumen Evaluasi dengan Indikator pada RPP Materi Plantae dan Sistem Ekskresi di SMA Kota Bandung. Jurnal BIOnatural 4(2), 28-41.

Habibina. (2020). Kelayakan Flipbook Submateri Bagian-bagian Darah dan Pembekuan Darah Berdasarkan Uji Pengaruh Salep Ekstrak Etanol Kulit Petai (Parkia speciosa Hassk) terhadap Proses Penyembuhan Luka Sayat pada Tikus (Rattus norvegicus). Skripsi. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Kurniasari, D. A. D., Rusilowati, A., & Subekti, N. (2014). Pengembangan Buku Suplemen IPA Terpadu Dengan Tema Pendengaran Kelas VIII. Unnes Science Education Journal. 3(2): 462-467.

Lawshe, C. H. (1975). A Quantitative Approach to Content Validity. Purdue University. Personnel Psychology 28, 563-575.

Lestari, D., Sri, M. E. S., & Susanti, R. (2016). Pengembanga




DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v6i2.3997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi