MODEL THINK PAIR SHARE DIDUKUNG RESITASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR

Ali Usman

Abstract


Tujuan penelitian mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) didukung Resitasi. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian model siklus Hopkins yang terdiri dari empat fase yakni perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan atau observasi (observation), dan refleksi (reflection). Siklus penelitian akan terus berlanjut sampai mencapai tujuan penelitian. Perangkat pembelajaran yang digunakan berupa Silabus, Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian dilaporkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kencong selama mengikuti pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaran TPS (Think Phair Share) didukung Resitasi mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 69,7%, siklus 1 sebesar 72,4%  sampai siklus 2 sebesar 80,3%.  


Keywords


TPS, Resitasi, Aktivitas Belajar

Full Text:

PDF

References


Bachtiar, S. (2018). Pengaruh Integrasi Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Heads Together (NHT) pada Kemampuan Akademik Berbeda terhadap Motivasi, Sikap, Metakognisi, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMAN di Kabupaten Jeneponto. Disertasi tidak diterbitkan. Malang:PPS UM

Bahtiar. (2016). Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Sikap Sosial dan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Multietnis. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 3 (1), 1-13.

Bialangi, S.M., Zubaidah, S., Amin, M., & Gofur, A. (2016). Development of Students’ Social Attitudes In Biology Classroom Through Jigsaw And Guided Inquiry. International Journal Of Academic Research And Development, 1 (10), 01-07)

Haataja, E., Malmberg, J., & Järvelä, S. (2018). Monitoring in collaborative learning: Co-occurrence of observed behavior and physiological synchrony explored. Computers in Human Behavior, 87, 337–347. doi:10.1016/j.chb.2018.06.007 Internasional. Artikel. (Online), (http://www.pustaka.ut.ac.id), diakses tanggal 3 Pebruari 2016.

Ishak, F. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran TPS (Think Pair Share) dan TTW (Think Talk Write) terhadap Kemampuan Metakognisi Berpikir Kritis dan Retensi Siswa MA di Malang Raya. Tesis tidak diterbitkan. Malang:PPS UM

Maulana, I. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran PBL dan TPS terhadap Keterampilan Metakognitif, Keteramplan Berpikir Kritis, dan Retensi pada Siswa dari Etnis yang Berbeda di Kota Metro. Tesis tidak diterbitkan. Malang:PPS UM

Nambiar, R.M.K., Nor, N.Z., Ismail, K., Adam, S. (2017). New Learning Spaces Ana Transformations in Teacher Pedagogy and Student Learning Behavior in the Language Learning Classroom. 3L: The Southeast Asian Journal of English Language Studies – Vol 23(4): 29 – 40 http://doi.org/10.17576/3L-2017-2304-03

Palumbo, R. V., Marraccini, M. E., Weyandt, L. L., Wilder-Smith, O., McGee, H. A., Liu, S., & Goodwin, M. S. (2017). Interpersonal autonomic physiology: A systematic review of the literature. Personality and Social Psychology Review, 21(2), 99–141. https://doi.org/10.1177/1088868316628405

Setiawati, H. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R dipadu TPS pada Kemampuan Akademik Berbeda Terhadap Keterampilan Metakognitif, Keterampilan Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep, Retensi, dan Sikap Ilmiah Biologi Siswa SMA di Kota Parepare. Disertasi tidak diterbitkan. Malang:PPS UM

Suranakkharin, T. (2017). Using the Flipped Model to Foster Thai Learners’ Second Language Collocation Knowledge. 3L: The Southeast Asian Journal of English Language Studies – Vol 23(3): 1 – 20 http://doi.org/10.17576/3L-2017-2303-01

Tjalla, A. (2014). Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil-Hasil Studi

Wulandari, Y. (2013). Penerapan Metode Resitasi Kelompok Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR 1 Di SMK PGRI Sidoarjo. Jurnal. Surabaya




DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v4i1.2651

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi