MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA LEARNING MODEL READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) TO IMPROVE STUDENTS ACHIEVEMENT

Nur Imamah Akmaliya Ari Indriana Hapsa

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Reading Questioning And Answering (RQA) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TPI 1 SMK Negeri 5 Jember dengan pokok bahasan virus dan protista. Pengumpulan data berupa hasil (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai KKL (Kriteria Ketuntasan Klasikal) pada ranah kognitif siklus I mencapai 73.52% dan pada siklus II mencapai 85.29% dengan peningkatan sebesar 11.77%, ranah psikomotorik siklus I dan siklus II yaitu 72.85% dan 85.24% dengan peningkatan sebesar 12.39%. Sedangkan ranah afektif pada siklus I dan II yaitu 70.48% dan 85.24% dengan peningkatan sebesar 14.76%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RQA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran, RQA, Hasil Belajar

 


Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Anderson, O.W., & Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing (A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives). New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Bahtiar, (2013). Potensi Pembelajaran yang Memadukan Strategi Think Pairs Share (TPS) dan Reading Questioning anf Answering (RQA) untuk Meningkatkan Sikap Sosial dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA Multietnis di Ternate. Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS, 1-7

Corebima, A. D. (2009). Pengalaman Berupaya Menjadi Guru Profesional. Pidato Pengukuhan Guru Besar pada FMIPA UM. Disampaikan pada Sidang Terbuka Senat UM, tanggal 30 Juli 2009. Malang: UM




DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v1i1.154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 BIOMA