Resepsi Sastra Naskah Drama “Bulan Bujur Sangkar” Karya Iwan Simatupang

Inka Krisma Melati, Ekarini Saraswati

Abstract


Resepsi sastra merupakan pengolahan teks dalam pemberian makna terhadap sebuah karya sastra. Tujuan penelitian ini [1] untuk mengetahui tanggapan pembaca terhadap unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam naskah drama dan [2] untuk mengetahui kesan pembaca terhadap naskah drama. Objek yang digunakan adalah naskah drama Bulan Bujur Sangkar karya Iwan Simatupang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisa yaitu mendeskripsikan secara detail fakta-fakta keadaan permasalahan yang terdapat dalam naskah drama dan disusul dengan penguraian. Data dalam penelitian ini adalah jawaban pembaca yang terdapat dalam angket pertanyaan. Sumber data penelitian ini adalah angket pertanyaan. Penelitian ini menggunakan dua teknik penelitian yaitu [1] teknik simak catat dan [2] teknik pengumpulan jawaban pembaca. Analisis data dilakukan dengan menginterpretasikan data sesuai dengan teori yang digunakan. Hasil penelitian ini [1] tanggapan pembaca terhadap unsur intrinsik yang terdapat pada naskah drama adalah tanggapan yang positif dan bersifat membangun. Menurut pembaca pemilihan penokohan, alur, latar dan bahasa yang digunakan pada naskah drama saling berkaitan satu sama lain dan sama-sama menghidupkan naskah drama tersebut. [2] Kesan yang disampaikan pembaca adalah kesan positif, terutama pada pesan moral yang terdapat dalam naskah drama. Menurut pembaca pesan moral tersebut sesuai dengan kehidupan saat ini yaitu generasi saat ini seharusnya membentengi dirinya dengan perbuatan yang positif agar terhindar dari perbuatan yag negatif.


Keywords


resepsi; tanggapan; kesan; pembaca; naskah drama

Full Text:

PDF

References


Amanda, W. (2017). Unsur-Unsur Intrinsik Naskah Drama Aeng Karya Putu Wijaya dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA.

Anwar, F., & Syam, A. (2018). Kritik Sosial Dalam Naskah Drama Alangkah. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(6).

Atmazaki. (2005). Ilmu Sastra Teori dan Terapan. Citra Buana Indonesia.

Azhim, Y. I. F. (2019). Konsistensi Absurditas Tokoh Orang Tua/Kakek Dalam Tiga Naskah Drama “Bulan Bujur Sangkar”, “Petang Di Taman”, Dan “Rt 0 – Rw 0” Karya Iwan Simatupang (Absurditas Albert Camus). 1.

Junus, U. (1985). Resespsi Sastra Sebuah Pengantar. PT. Gramedia Jakarta.

Lestari, S. (2011). Tokoh Dan Penokohan Dalam Naskah Ketoprak Pangeran Timur Karya Handung Kus Sudyarsana.

Nofriwandi, E. (2019). Penciptaan Peran Orang Tua Pada Lakon Bulan Bujur Sangkar. Creativity And Research Theatre Journal, 1.

Nur, A. (2018). Pendidikan Anak Dalam Surat Luqman Ayat 12-19 Perspektif Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab. 1–72. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/3664/

Nurgiyantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Gajah Mada Universitas Press.

Oksinata, H. (2010). Kritik Sosial Dalam Kumpulan Puisi Aku Ingin Jadi Peluru Karya Wiji Thukul (Kajian Resepsi Sastra).

Ratna, N. K. (2015). Teori, Metode, Teknik Penelitian Sastra (XIII). Pustaka Pelajar.

Septanto, H. (2018). Pengaruh Hoax dan Ujaran Kebencian Sebuah Cyber Crime dengan Teknologi Sederhana di Kehidupan Sosial Masyarakat. Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(2), 157–162.

Setiawan, D. (2017). Aspek Bahasa Figuratif Naskah Drama Bulan Bujur Sangkar Karya Iwan Simatupang: Kajian Stilistika Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di Sma.

Simatupang, Iwan. Bulan Bujur Sangkar

Sumardjo, J., & K.M, S. (1997). Apresiasi Kesusastraan. PT. Gramedia Jakarta.

W.S, H. (2009). Drama Karya dalam Dua Dimensi. Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v5i2.3268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:(0331)336728 | 337957

Email:belajarbahasa@unmuhjember.ac.id