Campur Kode dalam Novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas Karya J.S. Khairen

Sulfiana Sulfiana, Cintya Nurika Irma

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui arah campur kode pada novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas karya J.S. Khairen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dan Sumber data yang digunakan adalah campur kode yang terdapat dalam novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas karya J.S Khairen tahun terbit 2019 dengan jumlah halaman 364 halaman, diterbitkan oleh penerbit PT Bukune Kreatif Cipta. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik pustaka. Guna menguji keabsahan data digunakan triangulasi yaitu melalui pemeriksaan sumber data, teori yang digunakan, dan metode dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua arah campur kode, yaitu :  campur kode ke dalam dan campur  kode ke luar. Campur kode ke dalam terdapat percampuran antara bahasa Indonesia dengan bahasa Jawa dan bahasa Indonesia dengan bahasa Betawi. Selanjutnya, campur kode ke luar terdapat dua arah yaitu peggunaan bahasa Indonesia dengan bahasa Arab dan bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris. Percampuran tersebut terjadi pada percakapan yang terjadi antara tokoh dengan menggambarkan kehidupan ibu kota Jakarta, khususnya keharusan dalam mempelajari dan mampu menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, tetapi penerapannya belum bersesuaian artinya dilakukan pencampuran bahasa asing dengan bahasa keseharian atau bahasa ibu sebagai bentuk keakraban yang mengakibatkan terjadinya campur kode dalam berkomunikasi termasuk yang dilakukan di dalam novel.


Keywords


sosiolinguistik; campur kode; novel

Full Text:

PDF

References


Al-Ma’ruf, A.I. (2009). Stilistika: Teori, Metode, dan Aplikasi Pengkajian Estetika Bahasa. Solo: Cakra Books.

Meldani, A. (2018). Alih Kode dan Campur Kode dalam Novel The Sweet Sins Karya Rangga Wirianto Putra. Jurnal Bapala. Vol. 05 (1), 1-11.

Chaer, A. (2012). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer. A., & Agustina, L. (2014). Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Malabar, S. (2015). Sosiolinguistik. Gorontalo: Ideas Publishing.

Maulina, dkk. (2018). Analisis Alih Kode dan Campur Kode dalam Novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol. 7 (9), 1-10.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhadjir. (2000). Bahasa Betawi Sejarah dan Perkembangannya. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Mulyani, S., & A.S. H (2015). Teori Belajar Bahasa. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Mutmainnah, Y. (2008). Pemilihan Kode dalam Masyarakat Dwibahasa: Kajian Sosiolinguistik pada Masyarakat Jawa di Kota Botang Kalimantan Timur. Tesis: Program Studi Magister Linguistik. Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro Semarang.

Nasruddin. (2015). Sosiolinguistik. Sulawesi: Read Institute Press.

Nursaid, & Maksan, M. (2002). Sosiolinguistik. FBBS: UNP Press.

Rohmani, dkk. (2013). Analisis Alih Kode dan Campur Kode Pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Jurnal Basastra. Vol. 2 (1), pp: 1-16.

Rokhman, F. (2013). Sosiolinguistik: Suatu Pendekatan Pembelajaran Bahasa dalam Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rosnaningsih, A. (2019). Analisis Campur Kode dan Alih Kode Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia pada Novel Wandu Berhentilah Menjadi Pengecut Karya Tasaro. Jurnal Lingua Rima. Vol. 8 (2), 25-32.

Sumarsono. (2007). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryabrata, S. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Wardani, O. P. (2017). Campur Kode dan Alih Kode Nilai-Nilai Islam dalam Novel Padang Bulan Karya Andrea Hirata. Jurnal Bahasa Sastra dan Pengajarannya. Vol. 1 (1), 74-89.

Wibowo, W. (2003). Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yuliyanti, A. A.. (2018). Prinsip Kerja Sama dan Implikatur Pada Tuturan Alih Kode dalam Film-Film Jerman. Jurnal Belajar Bahasa. Vol. 3 (2), 127-140.




DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v5i2.2723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:(0331)336728 | 337957

Email:belajarbahasa@unmuhjember.ac.id