KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI SISWA SD

Lilik Binti Mirnawati

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran inovatif dengan menggunakan mind mapping dalam pembelajaran menulis narasi siswa kelas IISD. Keefektifan pembelajaran dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran, sedangkan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa dapat dilihat dari hasil tes pada uji coba terbatas dan uji coba luas.Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa keefektifan model pembelajaran inovatif dengan menggunakan mind mapping dalam pembelajaran menulis narasi siswa kelas II SD sangat baik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rekapitulasi hasil observasi aktivitas  siswa pada uji coba terbatas dan uji coba luas berada pada presentasi 81%-100% yang berarti sangat baik. Selanjutnya, berdasarkan hasil rekapitulasi peningkatan keterampilan menulis narasi siswa kelas II SD menunjukkan hasil bahwa siswa dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa. Hasil rekapitulasi peningkatan keterampilan menulis narasi siswa kelas II SD pada uji coba terbatas sebesar 21,97%, dan pada uji coba luas sebesar 19,68%.

 


Keywords


Model Pembelajaran Inovatif, Mind Mapping, Menulis Narasi

References


Akbar, S. (2013). Instrument Perangkat Pembelajaran (Cetakan 1). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dalman. (2014). Keterampilan Menulis (4th ed.). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Retrieved from http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=97123&pRegionCode=UN11MAR&pClientId=112

De Porter, B. and M. H. (2001). Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Penerbit Kaifa.

Gorys Keraf. (2008). Argumentasi dan Narasi. Gramedia Pustaka Utama. Retrieved from http://www.gramedia.com/author_detail.asp?id=ECAI3519

Hernowo. (2004). Quantum Writing: Cara Cepat nan Bermanfaat untuk Merangsang Munculnya Potensi Menulis. MLC.

KEMENDIKBUD. (2013). Kurikulum 2013: Kompetensi Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mirnawati, L. B. (2017). The Improvement Writing Explanation Text through theImplementation of Text Structure Mapping Strategy, (Ices), 122–126.

Nurgiyantoro, B. (2009). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra (2nd ed.). Yogyakarta: BPFE.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, CV Bandung.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif dan Kontekstual. (T. Titik Triwulan & Trianto, Eds.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif Konsep,Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan ( KTSP). Jakarta: Kencana Prenada. Retrieved from http://36.89.24.67:82/layanan-jabar/opac/detail-opac?id=56654




DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v4i1.1868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 BELAJAR BAHASA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:(0331)336728 | 337957

Email:belajarbahasa@unmuhjember.ac.id