PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH BERBASIS FILM

Farida Nugrahani, Mukti Widayati, Ali Imron A.M

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pendidikan karakter melalui gerakan literasi sekolah (GLS) berbasis film. Model itu  dikembangkan melalui empat tahap mengikuti Plomp (1997), meliputi (1) pengkajian awal, (2) perancangan, (3) realisasi (konstruksi), (4) validasi dan revisi. Penelitian dimulai dengan pengamatan kondisi faktual di lapangan, dan pengkajian teori berkaitan dengan pendidikan karakter, literasi, dan film. Selanjutnya dilakukan perencanaan model dan realisasinya melalui penetapan komponen sintaks, sistem sosial, sistem pendukung, dampak instruksional dan pengiringnya. Setelah itu dilakukan validasi dan revisi model dengan meminta pertimbangan ahli dan praktisi pendidikan di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pendidikan karakter yang dikembangkan dalam penelitian ini dapat diwujudkan dalam bentuk buku Panduan pendidikan karakter melalui GLS berbasis film yang bersifat valid, praktis dan efektif untuk diterapkan dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Karakter di sekolah. Panduan itu memuat (1) latar belakang, pengertian, tujuan, ruang lingkup, sasaran, dan target; (2) tahapan pendidikan karakter melalui GLS di Sekolah Dasar; (3) pelaksanaannya  pada tahap pembiasaan; (4) pelaksanaannya pada tahap pengembangan; (5) pelaksanaannya pada tahap pembelajaran; dan (6) Penutup. Buku panduan yang dikembangkan ini telah di uji cobakan di Sekolah Dasar Negeri Pengkol 1 Kabupaten Sukoharjo dan diterbitkan dengan ber ISBN. 

 


Keywords


Pendidikan karakter, Gerakan Literasi Sekolah, film

References


Ardianto, D.T., 2014. Dari Novel ke Film : Kajian Teori Adaptasi sebagai Pendekatan dalam Penciptaan Film. Panggung Jurnal Seni Budaya, 24(1), pp.1–19.

Baetenns, J., 2007. From screen to text: novelization, the hidden continent. In The Cambridge Companion to Literature on Screen. Cambridge: Cambridge University Press, pp. 226–238.

Davidson, M., 2014. A_character_education_research for 21st century.pdf. Journal of Character Education, 10(1), pp.77–83.

Dirjen Dikdasmen, 2016. Desain induk gerakan literasi sekolah. http://repositori.perpustakaan.kemdikbud.go.id.

Faizah dkk, 2016. Panduan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar 1st ed., Jakarta: Kemendikbud.

Graffy, J., 2011. Literature and film. In The Cambridge Companion to Twentieth-Century Russian Literature. Cambridge: Cambridge University Press., pp. 235–250.

Istadiyantha & Wati, R., 2015. Ekranisasi Sebagai Wahana Adaptasi Dari Karya Sastra ke Film. Haluan Sastra dan Budaya, 1(1), pp.1–19.

Karkono, 2009. Perbedaan Makna Novel dan Film Ayat-Ayat Cinta: Kajian Ekranisasi. Atavisme, 12(2), p.167.

Lapsley, D.K. & Yeager, D., 2013. Chapter: Moral-character education. Handbook of psychology, Vol. 7: Educational psychology (2nd ed.), pp.147–177.

Manullang, B., 2013. Grand Desain Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), pp.1–14.

Nugrahani, F., 2017. The Development of Film-Based Literary Materials which Support Character Education. Cakrawala Pendidikan, XXXVI(3), pp.472–475.

Stam, R. & Raengo, A., 2008. A Companion to Literature and Film 1st ed., Blackwell Publishing Ltd.

Sudrajat, A., 2011. Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), pp.47–57. Available at: https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316.

Sugeng Riyadi, 2014. Penggunaan Film Adaptasi sebagai Media Pengajaran Sastra. bahasa & sastra, Oktober 2014, 14(2), pp.241–251.

Suseno, 2013. Ekranisasi sebagai Sarana Eksistensi dan Politisasi Sastra Indonesia. In Yes UAD. UAD, pp. 213–217.

Tonbuloglu, B., Aslan, D. & Aydin, H., 2016. Teachers??? awareness of multicultural education and diversity in school settings. Egitim Arastirmalari - Eurasian Journal of Educational Research, (64), pp.1–28.

Tuller, M. & Or, D., 2001. Hydraulic conductivity of variably saturated porous media: Film and corner flow in angular pore space. Water Resources Research, 35(5), pp.1257–1276.

Uricchio, W., 2014. Film, cinema, television … media? New Review of Film and Television Studies, 12(3), pp.266–279.

Vardani, E.N., 2018. penanaman nilai nilai karakter. Belajar Bahasa Unmuh Jember, 3(1), pp.23–37.




DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v4i1.1865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 BELAJAR BAHASA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:(0331)336728 | 337957

Email:belajarbahasa@unmuhjember.ac.id